Lafal Azan di Dubai Berubah saat Badai Dahsyat, Ternyata Bukan Pertama Kali

Lafal Azan di Dubai Berubah saat Badai Dahsyat, Ternyata Bukan Pertama Kali

Terkini | portalaceh.inews.id | Jum'at, 19 April 2024 - 18:40
share

DUBAI, iNewsPortalAceh.id - Netizen heboh dengan perubahan lafal azan di Dubai dan wilayah lain di Uni Emirat Arab (UEA), saat badai dahsyat menerjang pada Selasa (16/4/2024) malam. Bagian "Hayya 'alal falaah" diubah menjadi "Shollu fi rihalikum" atau salatlah di rumah-rumah kalian.

Mengubah lafal azan tersebut tentunya bukan inisiatif dari muazin, namun seruan dari otoritas setempat agar jemaah melaksanakan salat di rumah.

Dikutip dari Khaleez Times, Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf (Awqaf) UEA mengimbau umat Islam untuk tidak melaksanakan salat di masjid.

Oleh karena itu, masjid-masjid di seluruh UEA menyisipkan dalam azan, pesan kepada Muslim untuk melaksanakan salat di rumah, yakni di bagian akhir.

Video yang menjadi viral di media sosial belum lama ini menunjukkan azan Isya pada Selasa di beberapa masjid Sharjah.

Warga di Dubai juga melaporkan, lafal azan berubah. Beberapa orang juga melaporkan mereka tetap mendatangi masjid di lingkungan masing-masing, namun ditutup.

Ini bukan kali pertama lafal azan berubah. Saat pandemi Covid-19, muazin juga mengubah lafal azan yang meminta jemaah melaksanakan salat di rumah.

Dubai dan wilayah UEA lainnya diterjang badai terparah sejak 75 tahun terakhir pada Selasa dan Rabu lalu memicu banjir besar yang melumpuhkan aktivitas.

Bandara Internasional Dubai, salah satu yang tersibuk di dunia, juga menghentikan aktivitas penerbangan setelah landasan pacu tergenang air.

 

Hujan lebat juga menyebabkan jalan-jalan dan mal terendam banjir. Semua sekolah dan kantor pemerintah menerapkan pembelajaran dan kerja jarak jauh.

Topik Menarik