Sungai Comal Meluap Banjir, Intensitas Hujan Lebat Masih Mendominasi Wilayah Pemalang Selatan

Sungai Comal Meluap Banjir, Intensitas Hujan Lebat Masih Mendominasi Wilayah Pemalang Selatan

Terkini | pemalang.inews.id | Kamis, 28 Maret 2024 - 19:30
share

PEMALANG, iNewsPemalang.id - Debit air Sungai Comal yang mengalir dari hulu lereng Gunung Slamet meluap banjir setelah hujan lebat mengguyur wilayah Pemalang bagian selatan atau wilayah pegunungan, Kamis (28/3/2024).

Sungai terbesar di Kabupaten Pemalang itu nampak keruh dengan air berwarna coklat bercampur material lumpur yang terbawa banjir. Gumpalan air di permukaan sungai pun mengalir deras menyerupai ombak menimbulkan suara gemuruh.

Pemandangan meluapnya banjir Sungai Comal itu menjadi tontonan bagi warga yang melintas di Jalan Sutomo Desa Wanarata Kecamatan Bantarbolang. Tak sedikit dari mereka sengaja berhenti dan berdiri di jembatan untuk menyaksikan air sungai yang tengah meluap.

Intensitas hujan yang masih kerap turun di wilayah Pemalang selatan tak hanya menyebabkan meluapnya sungai-sungai di kawasan itu, namun juga perlu diwaspadai akan bahaya rawan pohon tumbang dan longsor.

Salah seorang warga, Agus, mengatakan dia bersama temannya yang tengah ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa sengaja datang ke jembatan baru Desa Wanarata untuk sekedar melihat banjir di Sungai Comal.

"Lagi jalan-jalan mas, nunggu waktu buka puasa, sambil melihat banjir," ujarnya.

"Tadi siang hujan lebat cukup lama sampai sore, ini masih gerimis, jadi banjirnya besar," imbuhnya.

Sebagai informasi, Sungai Comal yang berhulu di lereng gunung Slamet mengalir dari selatan (wilayah pegunungan) ke utara (Pemalang Pantura) dan berakhir di laut Jawa. Adapun panjang sungai tersebut sekira 109,18 km, melintasi 7 wilayah kecamatan di Kabupaten Pemalang.

Topik Menarik