Aek Sijorni, Wisata Air Terjun Bertingkat yang Memesona

Aek Sijorni, Wisata Air Terjun Bertingkat yang Memesona

Terkini | pekanbaru.inews.id | Selasa, 16 April 2024 - 19:50
share

Tapsel, iNewsPekanbaru.id - Kabupaten Tapanuli (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) dikenal dengan banyak objek wisata. Salah satunya adalah Aek Sijorni.Aek Sijorni merupakan wisata alam berupa air terjun yang memiliki pesona indah. Dalam bahasa tempatan, yakni Mandailing, aek berarti air dan Jorni adalah jernih. Jadi Aek Sijorni berarti air yang jernih.

Aek Sijorni merupakan destinasi wisata air terjun. Hal yang menjadi daya tarik tersenduri di sana ini adalah air terjun yang bertingkat tingkat. Sesuai namanya, air terjun ini yang memiliki ketinggian 50 meter ini airnya cukup jernih dan dingin.

Wisata alam ini sendiri berlokasi di Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan. Untuk mencapai lokasi dibutuhkan perjalanan 50 menit dari Kota Padangsidempuan, Ibu Kota Tapsel. Namun untuk musim Idul Fitri 1445 H tahun ini, untuk mencapai lokasi dibutuhkan waktu cukup lama dari 2 hingga 3 jam. Ini dikarenakan jalan sangat ramai dan padat sehingga terjadi kemacetan.

Saat iNews Pekanbaru.id ke lokasi di musim Idul Fitri tahun ini, wisata ini dipadati ribuan wisatawan berbagai daerah. Namun yang menjadi keluhan, disana banyak parkir liar yang harganya bisa mencapai Rp100 ribu dan paling murah Rp30 ribu.

"Namun karena disini banyak aparat, pengelola parkir mengenakan tarif Rp 30 ribu saja. Biasanya mereka mau mematok Rp100 ribu," ucap Juni Siregar salah satu wisatawan lokal.

Untuk mencapai air terjun, pengunjung harus melewati jembatan gantung yang terbentang di atas sungai. Dikenakan tarif Rp3 perorang untuk menyebarangi jembatan gantung. Setelah itu, pengunjung berjalan sekitar 5 menit dengan jalan yang mendaki untuk mencapai lokasi. Untuk memasuki lokasi wisata, pengelola mematok harga Rp 30 ribu perorang, namun hari biasa Rp20 ribu. 

Lokasi air terjun di lokasi saat lebaran disesaki. Wisatawan bisa langsung mandi di tengah air terjun. Kondisi padas yang tidak licin, memudahkan pengunjung untuk bisa menikmati air terjun yang cukup deras dan asri itu.

"Airnya dingin dan sejuk, tidak puas puas mandi di sini," ucap Rahmad Rizki wisatawan asal Pekanbaru, Riau ini.

Banyaknya pohon kelapa di antara air terjun dan pemohonan nan asri semakin menambah keindahan Aek Sijorni. Bagi pengunjung yang tidak puas mandi di air terjun bagian bawah, bisa menuju air terjun di bagian atas dengan menaiki anak tangga. Di bagian atas juga pengunjung bisa leluasa menikmati pesona alam.

Selain itu, pengelola juga menyediakan dua kolam renang yang lokasinya dibawa air terjun. Dimana sumber air kolam berasal dari air terjun. Untuk tempat istirahat, pengelola juga menyiapkan puluhan tempat istirahat atau pondok pondok yang bisa disewa dengan harga Rp 30 ribu. Berswfoto juga merupakan hal yang tidak ditinggalkan wisatawan.

 

 

Topik Menarik