Mudik Lebaran 2024, Hyundai Siapkan Pengisian Daya Baterai Berjalan

Mudik Lebaran 2024, Hyundai Siapkan Pengisian Daya Baterai Berjalan

Otomotif | serpong.inews.id | Jum'at, 29 Maret 2024 - 05:50
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mudik Lebaran 2024 untuk pemilik mobil listrik Hyundai tak perlu khawatir soal pengisian daya baterai berjalan. Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah menyiapkan pengisian baterai berjalan selain bengkel darurat.

Kepala Layanan Purna Jual HMID, Haris Wiyono, mengatakan bahwa fasilitas Before Service yang disediakan oleh HMID cukup lengkap, memberikan ketenangan kepada pemudik yang menggunakan Hyundai Ioniq 5 atau Ioniq 6 selama perjalanan mereka.

"Kami menempatkan fasilitas ini di 4 titik, 3 di arus mudik, dan 1 di arus balik. Fasilitasnya cukup lengkap, termasuk charger untuk mobil listrik dengan kapasitas 7 kilowatt. Jadi jika diperlukan, pemudik dapat menambah daya baterai di sana," ujar Haris di Jakarta Pusat pada Rabu (20/3/2024).

Butuh Waktu Lama

Menyadari bahwa pengisian daya dengan kapasitas 7 kW memerlukan waktu yang cukup lama, HMID telah menyediakan ruang tunggu. Selain itu, ada juga layanan mobile charging yang tersedia jika pemudik kehabisan baterai di tengah jalan.

"Pengguna mobil listrik di rest area yang dilengkapi dengan Before Service, kami sediakan fasilitas pengisian baterai. Kami juga menyediakan mobile charging, menggunakan Hyundai Ioniq 5 yang kami modifikasi untuk memberikan daya tambahan," tambahnya.

Hyundai Ioniq 5 dilengkapi dengan fitur V2L (Vehicle to Load), yang memungkinkan transfer daya baterai ke kendaraan lain atau dapat digunakan sebagai sumber daya listrik darurat dengan output 3.600 Watt.

Namun demikian, Haris juga menekankan bahwa pengguna mobil listrik Hyundai dapat melakukan pengisian daya di beberapa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area yang didukung oleh PT PLN dengan tipe ultra-fast charging 200 kilowatt (kW).

"Sepanjang jalur tol Trans-Jawa, sudah banyak SPKLU dengan kapasitas fast charging yang cukup. Jadi jika harus antre, pemudik dapat mencari SPKLU terdekat," jelas Haris. "Yang penting adalah melakukan perencanaan perjalanan terlebih dahulu dan mencari tahu di mana titik-titik pengisian SPKLU berada." (*)



Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Muhammad Fadli Ramadan dengan judul "Mudik dengan Mobil Listrik, Hyundai Siapkan Pengisian Baterai Berjalan".

Topik Menarik