Mudik ke Jawa Tak Mau Lewat Tol, Pilih 2 Jalur Alternatif Ini

Mudik ke Jawa Tak Mau Lewat Tol, Pilih 2 Jalur Alternatif Ini

Otomotif | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 08:23
share

JAKARTA, iNews.id - Mudik alias pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi tahunan menjelang Hari Raya Lebaran. Mudik sendiri khususnya di wilayah Jawa, banyak dilakukan lewat jalur darat, yakni via jalur tol.

Bagi yang mudik menggunakan mobil pribadi namun ingin merasakan sensasi berbeda, ada jalur alternatif selain tol yang bisa digunakan akses menuju wilayah Jawa dan sekitarnya. Jalur mana saja itu? Dilansir berbagai sumber, Rabu (27/3/2024).

Jalur alternatif Pantai Utara (Pantura)

Jalur Pantura merupakan jalur klasik mudik di Jawa. Untuk menghindari kemacetan Pantura, pemudik bisa melewati jalur alternatif menuju Desa Krasak, Jatibarang, Indramayu.

Saat masuk karawang, arahkan ke jalan Syekh Quro, Buahaseum, lalu tembus di Blanakan. Pemudik akan tembus di pasar Sukamandi, Pantura.

Jalur Pantura sendiri memiliki banyak pilihan lokasi wisata, mulai wisata alam hingga wisata kuliner yang banyak tersaji di sepanjang jalur. Selain itu, jalur Pantura juga punya banyak pilihan tempat beristirahat.

Sajian wisata kuliner banyak didapati ketika mulai memasuki Brebes, Tegal, Pekalongan, Pemalang, hingga Semarang. Lewat jalur alternatif Pantura, jika lancar biaya akan lebih murah dibandingkan melalui tol Trans Jawa.

Jalur Alternatif Pantai Selatan (Pansela)

Selain jalur Pantura, untuk mudik ke daerah Jawa juga bisa dilakukan dengan melalui jalur Pansela. Jalur Pansela sendiri terbentang dari Banten sampai Jawa Timur.

Untuk jalan yang melewati jalur Selatan, selain Nagrek, titik utama kemacetan lainnya adalah di Malangbong. Untuk menghindari Malangbong, terdapat jalan alternatif Kadungora.

Ikuti jalannya sampai Leles, lalu belok kiri dan masuk jalur Sarkanjut. Setelah itu, masuk jalur Bayuresmi dan tembus ke Jalan Sudirman Sukadana-Cilawi.

Untuk yang suka hal baru bisa menggunakan jalur yang masih perawan dari Sukabumi atau Cianjur menelusuri pantai selatan Garut, Tasik. Pemandangannya sangat Indah seperti di Bali.

Meskipun jalur Pansela ini relatif lebih lancar dan kondisi jalanan lebih baik dibanding jalur Pantura, jalur Pansela ini tidak memiliki fasilitas pendukung yang lengkap seperti Pantura. Selain itu jalannya cenderung berkelok-kelok. Namun, ini dapat terobati karena pemandangan di jalur ini sangat indah.

Topik Menarik