Intip Mobil Bekas Paling Laris di Balai Lelang Jelang Mudik Lebaran 2024

Intip Mobil Bekas Paling Laris di Balai Lelang Jelang Mudik Lebaran 2024

Otomotif | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 09:29
share

JAKARTA, iNews.id Permintaan mobil bekas terus meningkat menjelang mudik Lebaran 2024. Cara mendapatkannya bukan hanya beli di dealer mobil bekas atau marketplace, melainkan juga melalui pelelangan.

Tren lelang semakin berkembang di Indonesia. Balai pelelangan PT JBA Indonesia mencatat pada 2023, JBA Indonesia berhasil melelang lebih dari 130 ribu motor dan 170 ribu mobil di seluruh Indonesia. Angka ini naik sebesar 108 persen untuk motor, dan 66 persen untuk mobil dibandingkan 2022.

Bicara lelang pada awal 2024 ini secara jumlah masih sangat baik malah ada peningkatan, kata Chief Operating Officer JBA Indonesia Deny Gunawan di Jakarta Selatan, Senin (25/3/2024).

Pada momen mudik Lebaran, Deny mengatakan peminat di balai pelelangan mobil jumlahnya meningkat. Bahkan, transaksi masih terjadi pada satu pekan sebelum hari Raya Idul Fitri.

Untuk Lebaran sama dengan tahun lalu. Sudah terlihat dari dua bulan sebelum Lebaran sampai nanti satu minggu sebelum Lebaran transaksi penjualan biasanya terus meningkat sekitar 15 sampai 20 persen, ujarnya.

Pada momen tersebut, Deny mengungkapkan peserta lelang biasanya mengincar mobil tiga baris. Mobil ini dianggap paling cocok untuk digunakan pulang ke kampung halaman karena bisa memuat banyak anggota keluarga dan juga barang bawaan.

Pemudik itu biasanya cari yang bisa muat banyak penumpang dan barang, biasanya yang laris Toyota Innova, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. LCGC juga banyak tapi jumlahnya enggak sebanyak mobil sejuta umat, ujarnya.

Kalau musim mudik, yang penting bisa dapat mobil yang muatannya banyak. Jadi ya yang tiga baris itu, 7-seater, kata Deny.

Soal harga, mobil tiga baris yang ada dibalai lelang JBA Indonesia berkisar antara Rp80-150 juta. Tapi, Deny tidak mengungkap secara rinci tahun pembuatan mobil tersebut. Namun, bila merujuk pada harga tersebut bisa dikatakan mobil lansiran di bawah 2013.

Topik Menarik