Rawan Kecelakaan, Polisi Imbau Pemudik Lewat Jalur Selatan Selalu Waspada

Rawan Kecelakaan, Polisi Imbau Pemudik Lewat Jalur Selatan Selalu Waspada

Otomotif | inews | Jum'at, 5 April 2024 - 13:41
share

JAKARTA, iNews.id - Jalur Selatan menjadi salah satu rute yang digunakan pemudik Lebaran 2024 menuju Garut, Tasikmalaya, Cilacap, dan sekitarnya. Namun, jalur ini rawan kecelakaan karena banyaknya tanjakan, turunan curam serta tikungan tajam.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Joko Sulistiono mengatakan, pemudik yang melalui jalur selatan harus tetap waspada. Dia juga mengimbau kepada pengendara motor maupun mobil agar mempersiapkan kendaraannya dengan baik sebelum melakukan perjalanan Mudik 2024.

"Tentunya untuk jalur Selatan, jalur utama adalah salah satu di wilayah Gentong. Di mana Gentong ini adalah daerah yang banyak tanjakan begitu juga tikungan. Kami menyampaikan kepada para pengguna jalan untuk memastikan keselamatan," ujar AKBP Joko Sulistiono kepada wartawan di Pos Terpadu Lingkar Gentong, Jumat (5/4/2024).

"Yang kedua adalah periksa sarana dari kendaraan tersebut, supaya kenyamanan berkendara bisa dipenuhi di jalan," katanya.

Kapolres Tasikmalaya Kota memastikan kesiapan personelnya dalam memghadapi puncak arus mudik Lebaran 2024. Setidaknya, ada puluhan posko pengamanan dan pos gerakan pengaturan (Gatur) di sepanjang jalur Selatan.

"Diprediksi (puncak arus mudik) mulai besok, Sabtu (6/4/2024). jadi kita sudah menggelar personel mulai dari pos pengamanan khususnya di jalur dan juga kita menyiapkan 48 pos gatur, di mana untuk mengatisipasi terjadinya kemacetan," ujarnya.

Khusus bagi pemudik motor, AKBP Joko Sulistiono meminta untuk menyiapkan perlengkapan berkendara, khususnya jas hujan. Mengingat intensitas hujan di jalur Selatan cukup tinggi.

Topik Menarik