Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia Bakal Beroperasi Bulan Depan

Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Indonesia Bakal Beroperasi Bulan Depan

Otomotif | inews | Minggu, 5 Mei 2024 - 06:57
share

JAKARTA, iNews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia bakal beroperasi bulan depan. Ini menjadi pertanda terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

“Nanti bulan depan, itu yang namanya pabrik industri baterai (kendaraan listrik) sudah mulai berproduksi. Jadi kita harapkan ekosistem ini segera terbangun, segera terbentuk,” ujar Jokowi dalam pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2024).

Dikatahui, pabrik baterai bernama PT HKML Battery ini merupakan anak perusahaan hasil konsorsium dari beberapa perusahaan, yaitu Hyundai, LG, Kia, dan PT Industri Baterai Indonesia. Fasilitas ini direncanakan bakal beroperasi pada 2024.

Memiliki nilai investasi sebesar 1,1 miliar dolar AS atau setara Rp16,3 triliun, pabrik ini dapat memproduksi sel baterai sebesar 10 GWh per tahun. Ini cukup untuk memasok baterai lebih dari 150.000 unit kendaraan listrik.

Apabila seluruh pabrik sudah mulai beroperasi, maka Hyundai akan memiliki pabrik sel baterai, pabrik sistem baterai, dan pabrik mobil listrik di lokasi yang berdekatan. Ini akan membuat operasional mereka semakin efisien dan diharapkan menekan harga jualnya.

Topik Menarik