Pemudik Gunakan Bus Diprediksi Meningkat, Hino Kerahkan 18 Posko Lebaran di Sejumlah Titik

Pemudik Gunakan Bus Diprediksi Meningkat, Hino Kerahkan 18 Posko Lebaran di Sejumlah Titik

Otomotif | inews | Senin, 25 Maret 2024 - 21:50
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memprediksi jumlah pemudik pada Lebaran 2024 meningkat dari tahun sebelumnya mencapai 193,6 juta orang. Masyarakat yang menggunakan angkutan bus diperkirakan sebanyak 37,51 juta orang atau 19,4 persen dari total pemudik.

Menyikapi itu, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kembali menghadirkan Posko Lebaran untuk membantu kelancaran dan keamanan arus mudik 2024 terutama angkutan bus. Pada tahun ini, Hino membuka 18 Posko Lebaran yang tersebar di sepanjang jalan utama Pulau Jawa hingga Sumatera Utara, yang beroperasi selama 24 jam, pada 4-15 April 2024.

“Tahun ini, diprediksi arus mudik meningkat, untuk mengantisipasi potensi lonjakan pergerakan masyarakat. Hino sebagai market leader medium duty, dengan menguasai 56 persen pangsa pasar di Indonesia, turut mendukung pemerintah untuk kelancaran arus Lebaran 2024,” ujar Presiden Direktur HMSI, Takashi Muto dalam press conference di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Chief Operating Officer (COO) - Director HMSI, Santiko Wardoyo menjelaskan atas hadirnya posko ketika kendaraan mengalami kendala di jalan pengemudi tidak perlu khawatir, karena dapat memeriksa terlebih dahulu masalah yang terjadi. Setelah itu kontak layanan darurat dealer terdekat. 

“Kami pesan kepada para pengusaha PO Bus sebelum memasuki periode sibuk melayani mudik. Unit yang beroperasi untuk melakukan perawatan tepat waktu, gunakan suku cadang resmi (HOP) dan bisa memanfaatkan program servis yang dihadirkan sehingga lebih efisien dan dapat beroperasi dengan tenang,” katanya.

Untuk jalur Pulau Sumatera, Posko Lebaran Hino mulai dari Medan tepatnya di HMSI Branch yang terletak di Jl Medan - Lubuk Pakam km 24 Tanjung Morawa; di Sumatra Barat terletak di Rumah Makan (RM) Umega Kabupaten Dharmasraya; RM Simpang Raya Bayung lencir Jambi; Sumatera Selatan berada di RM Musi Indah Banyuasin; sementara di Lampung berlokasi di RM Siang Malam; dan RM Menanti di Merak Banten.

Sementara itu, untuk jalur utama Pulau Jawa, Posko Lebaran Hino dimulai dari HMSI Jatake Jl Gatot Subroto Km 8.5 Tangerang; Dealer Hino Cakung Jl Raya Bekasi KM 22; Dealer Hino Cikampek Jl Jend Sudirman Kota Baru; Dealer Hino Rancaekek Jl Raya Rancaekek KM 26, RM Selamet Rahayu Rajapolah Tasikmalaya; RM Lestari Kebumen, Rest Area KM 102 Subang; RM Aroma Cirebon, RM Sari Rasa Weleri; Dealer Hino Solo Jl Raya Kertasura Km 5; RM Duta Ngawi; dan Dealer Hino Surabaya Jl Raya Kletek.

After Sales Director PT HMSI Irwan Supriyono mengungkapkan di setiap Posko Lebaran Hino, ditempatkan minimal tiga mekanik yang bersertifikasi dan berpengalaman sehingga siap memberikan pelayanan bagi pengendara yang membutuhkan perbaikan atau perawatan kendaraan. Selain itu, para pengguna kendaraan mendapat fasilitas, antara lain gratis konsultasi teknis dan pemeriksaan kendaraan, layanan darurat 24 jam.

Dia menambahkan, Hino saat ini memiliki jaringan purnajual yang tersebar di sejumlah daerah Indonesia, terdiri atas empat cabang, sembilan depo, 160 dealer, 161 mobil workshop dan 3.736 Hino Part Shop. Selama mudik pihaknya juga menyiapkan Bus Mobile Workshop yang akan berkeliling mengunjungi posko dan melayani bus yang mengalami masalah di jalan.

"Kami ingin memberikan rasa aman untuk pemudik penumpang bus agar sampai tujuan dengan waktu tepat, lancar, dan tidak terjadi masalah di jalan," ujarnya.

Topik Menarik