Jumlah Pengendara Meningkat, Kymco Akan Perluas Station Swap Baterai Motor Listrik

Jumlah Pengendara Meningkat, Kymco Akan Perluas Station Swap Baterai Motor Listrik

Otomotif | inews | Minggu, 5 Mei 2024 - 09:12
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah terus menggenjot penggunaan kendaraan listrik dengan berbagai kebijakan yang diberikan. Untuk kendaraan roda dua, saat ini total ada 59 pabrikan yang memproduksi sepeda motor listrik di Indonesia.

Menyikapi meningkatnya kendaraan listrik, Kymco iONEX melakukan perluasan jaringan Battery Swap Station (BSS). Langkah ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan pengendara terhadap fasilitas penggantian baterai kendaraan listrik. 

Menurut data iONEX System Management, Kymco iONEX BSS telah digunakan ribuan pengendara motor listrik di wilayah wilayah Jakarta, Tangerang dan Bekasi (Jatabek), dengan lebih dari 600.000 kali swap pada 2023. Saat ini, Battery Swap Station telah tersebar di hampir 40 titik lokasi strategis di tiga perusahaan besar, yakni Grab, Kentucky Fried Chicken dan Perusahaan Listrik Negara (PLN). 

“Battery Swap Station (BSS) akan terus kami perluas demi memenuhi kebutuhan pelanggan, target kami di tahun 2024 ini akan membuka BSS di lebih titik strategis wilayah Jatabek” ujar Presiden Direktur Kymco iONEX, Chen Jun Lung, dalam keterangan persnya dilansir Minggu (5/5/2024).

Penentuan lokasi BSS ini didasarkan atas beberapa pertimbangan seperti kemudahan akses wilayah, dapat diakses setiap waktu, serta tingkat keamanan dan kenyamanan saat customer melakukan penggantian baterai. 

Dia menerangkan perluasan stasiun swap baterai Kymco iONEX merupakan salah satu dukungan terhadap kebijakan pemerintah yang mendorong skema pembelian kendaraan bermotor listrik tanpa baterai, yaitu dengan konsep tukar baterai atau swap battery.

“BSS Kymco iONEX mengedepankan keamanan, kecepatan dan tanpa waktu tunggu, serta kenyamanan untuk pengguna,” kata Chen Jung Lung. 

Dia menuturkan, stasiun penukaran baterai ini sangat membantu operasional para pengemudi ojek online. Waktu mengisi ulang daya baterai hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu 1 jam.  

Sementara untuk mengisi daya baterai hingga penuh 100 persen dibutuhkan waktu 2 jam. Demi keamanan tidak disarankan melakukannya di rumah. 

Dalam proses penukaran baterai di BSS, pengguna hanya membutuhkan waktu +10 detik. Di mana pengguna hanya perlu memasukkan baterai yang sudah mendekati 20 persen, dan BSS akan otomatis mengeluarkan baterai yang sudah terisi penuh. Pengguna tidak perlu melakukan scan barcode ataupun membuka aplikasi untuk penukaran baterai. 

Stasiun swap baterai Kymco iONEX beroperasi 24 jam per hari dengan penyeimbangan beban dan cadangan tenaga di bawah pengelolaan cloud milik iONEX System Management. Ini untuk memastikan operasi otonom secara aman dan tanpa gangguan.

Topik Menarik