Mobil Listrik Bertambah, PLN Pastikan SPKLU Beroperasi Sepanjang Mudik Lebaran 2024

Mobil Listrik Bertambah, PLN Pastikan SPKLU Beroperasi Sepanjang Mudik Lebaran 2024

Otomotif | inews | Minggu, 17 Maret 2024 - 20:24
share

JAKARTA, iNews.id PT PLN (Persero) memastikan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) siap beroperasi sepanjang mudik Lebaran 2024. Ini ditujukan untuk kelancaran pergerakan yang diyakini bakal banyak yang menggunakan mobil listrik.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi mengatakan sebaran SPKLU terbanyak ada di rest area. Seluruh SPKLU tersebut sudah siap beroperasi dengan berbagai macam tipe pengisian daya.

SPKLU disiapkan umumnya di lokasi-lokasi rest area yang siap membantu pemudik mendukung pengguna kendaraan listrik, kata Ari Rahmat di Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2024).

Saat ini, PLN melalui subholding PT Indonesia Comnets Plus (PLN Icon Plus) mengelola lebih dari 600 SPKLU. Dari total SPKLU tersebut, tercatat konsumsi listrik yang diserap oleh EV sepanjang 2023 mengalami peningkatan signifikan.

Terkait kesiapannya, kami terus memantau seluruh SPKLU yang siaga 24 jam. Jadi mana yang bermasalah, maka akan langsung dikirimkan tim ke lokasi untuk menyelidiki. Misal masalahnya konektivitas maka akan langsung diperbaiki, ujar Ari.

Seluruh SPKLU yang dibangun PLN dijamin melalui sistem pemantau internal yang beroperasi nonstop 24 jam. Ini dilakukan untuk memastikan dapat digunakan apabila dibutuhkan.

Menurutnya, setiap SPKLU memiliki sistem yang dapat memberikan pemberitahuan jika terjadi kerusakan sehingga dapat segera dilakukan perbaikan. Ini merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik.

Kalau ada yang bermasalah maka langsung dikirimkan tim untuk memperbaiki. Jika di monitor ditemui masalah, maka langsung diperbaiki personel yang siaga 24 jam di pusat kendali PLN Icon Plus, tuturnya.

Ari menegaskan PLN berkomitmen untuk melakukan percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini dilakukan melalui pemanfaatan kendaraan listrik berbasis baterai untuk operasional secara bertahap.

Terbaru, PLN menjalin kerja sama dengan BYD menyediakan 10.000 unit mobil listrik yang akan digunakan sebagai kendaraan komersial. Untuk penyediaannya akan dilakukan secara bertahap selama 5 tahun.

Topik Menarik