Bus PO Rosalia Indah Terbakar Barang Penumpang Ikut Hangus, Apakah Dapat Ganti Rugi?

Bus PO Rosalia Indah Terbakar Barang Penumpang Ikut Hangus, Apakah Dapat Ganti Rugi?

Otomotif | inews | Minggu, 17 Maret 2024 - 19:25
share

JAKARTA, iNews.id PO Rosalia Indah mengalami peristiwa kurang menyenangkan. Salah satu armada mereka terbakar hingga menyisakan kerangka.

Lantas, berapa kerugian yang dialami perusahaan otobus asal Karanganyar itu? Apakah barang penumpang yang terbakar dapat ganti rugi?

Diberitakan, bus PO Rosalia Indah terbakar akibat konsleting listrik pada bagian belakang bus. Terlihat dalam sejumlah video yang beredar di media sosial bagian belakang bus mengekuarkan api sebelum merambat ke kabin dan melahap seluruh bus.

Asisten Manajer Pemasaran PO Rosalia Indah, Yofie Aganovic mengatakan, saat ini pihaknya masih mengkalkulasi kerugian yang dialami perusahaan akibat peristiwa itu. Sebab, bukan hanya armada kerugian penumpang juga ditanggung Rosalia Indah.

Saat ini perusahaan masih melakukan investigasi internal terkait hal ini. Kami belum memiliki data yang akurat mengenai ini. Kami juga masih melakukan proses pendataan barang penumpang, ujar Yofie saat dihungungi jurnalis, Minggu (17/3/2024).

Yofie menceritakan kejadian terbakarnya salah satu bus Rosalia Indah di ruas tol Solo-Boyolali KM 478, sekitar pukul 17.25 WIB. Rute armada dari Ponorogo ke Baturaja, Sumatera Selatan dengan total penumpang 19 orang dan 3 orang awak bus.

Sampai saat ini proses investigasi masih dilakukan untuk mengetahui penyebab kebakaran. Petugas tanggap darurat Rosalia Indah menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga proses evakuasi penumpang berjalan lancar dan tidak ada korban jiwa, katanya.

Kendati belum menyebutkan kerugian yang dialami PO Rosalia Indah, diyakini nilainya mencapai miliaran rupiah. Mengingat untuk membangun satu armada single deck seperti yang terbakar mencapai Rp2 miliaran.

Kalau untuk bodi itu dikisaran Rp850 jutaan. Kalau sudah termasuk kursi dan AC bisa mencapai Rp1,5 miliaran, tergantung jenis kursi dan merek AC, kata Supervisor Finishing Adiputro, Yohan Setiawan di lain kesempatan.

Sementara untuk sasis, harga yang ditawarkan mulai dari Rp800 jutaan, yakni Hino RK280. Sedangkan sasis premium seperti Mercedes-Benz dan Scania dibanderol mulai Rp1,2 miliaran.

Topik Menarik