Loading...
Loading…
Kenali 6 Penyebab CVT Motor Matik Berisik, Begini Cara Mengatasinya

Kenali 6 Penyebab CVT Motor Matik Berisik, Begini Cara Mengatasinya

Powered by BuddyKu
Otomotif | Okezone | Minggu, 03 Juli 2022 - 08:46

MASALAH CVT mengeluarkan suara berisik kerap dijumpai di motor matik . Kalau sudah begini, tentu akan sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

Nah sebenarnya ada beberapa penyebab CVT motor matik berisik. Ini sangat penting untuk diketahui para pemilik motor matik agar masalah bisa segera diatasi.

Apa saja penyebab CVT motor matik berisik? Berikut paparannya, seperti dilansir dari laman resmi Honda :

1. Van belt sudah aus

CVT motor matik berisik bisa disebabkan oleh sabuk van belt yang sudah aus. Biasanya akan menimbulkan suara berisik dibagian CVT macam rantai yang kendur.

Ketika dipakai, akselerasinya awal juga bisa menimbulkan selip, seperti saat kita gas ditarik hasil dari tenaganya tidak sesuai putaran atau tidak maksimal.

2. Mangkok kopling bermasalah

Bunyi berdecit di bagian CVT juga bisa disebabkan oleh clutch Housing atau biasa kita sebut mangkok kopling yang bermasalah. Biasanya komponen yang satu ini tidak rata makanya menimbulkan bunyi.

3. Kampas kopling handa habis

Seperti diketahui, motor mayik juga memiliki kampas kopling. Jika kampas kompling mulai abis dan menipis akan menimbulkan suara decitan pada awal motor di gas yang tentunya akan menggangu kenyamanan berkendara.

Baca Juga :
Penyebab CVT Motor Matik Berisik saat Digas

4. Face set drive oblak

Penyebab bunyi kasar di bagian CVT, bisa juga disebabkan dari face set drive yang oblak. Ketika part yang berfungsi untuk mendorong per CVT agar vanbelt turun ini aus atau oblak, maka kerja sliding sheave menjadi tidak mulus dan perputarannya berbenturan dengan pasangannya.

Selain menimbulkan bunyi berisik, face set drive oblak juga menimbulkan gejala seperti hentakan-hentakan kecil ketika motor ingin bergerak.

Original Source

Topik Menarik

{