Beli Pertalite Hanya Bisa Pakai LinkAja? Ini Jawaban Pertamina

Beli Pertalite Hanya Bisa Pakai LinkAja? Ini Jawaban Pertamina

Otomotif | BuddyKu | Rabu, 29 Juni 2022 - 12:17
share

IDXChannel Pertamina berencana mengatur pembelian Pertalite dan Solar mulai 1 Juli 2022. Masyarakat yang ingin membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi itu pun harus mendaftar melalui website atau aplikasi MyPertamina.

Sejumlah kalangan pun khawatir pemakaian MyPertamina bakal menyusahkan pembeli. Itu karena pembeli BBM melalui MyPertamina hanya bisa menggunakan dompet digital LinkAja.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, membantah hal tersebut. Menurut dia, Pertamina menerima pembayaran selain menggunakan LinkAja.

Tidak, bisa pakai kartu ataupun cash , ujarnya kepada IDXChannel pada Selasa (28/6/2022) malam.

Sebelumnya, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia menyoroti rencana penggunaan aplikasi MyPertamina untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) Pertamina.

Menurut mereka, mekanisme pembayaran yang saat ini hanya bisa menggunakan satu dompet digital ( e-wallet ) yakni LinkAja. LinkAja merupakan aplikasi dompet digital yang dikembangkan perusahaan patungan dari sejumlah perusahaan BUMN.

Kepala Kantor KPPU Perwakilan I-Medan, Ridho Pamungkas, mengatakan dalam konsep persaingan usaha, semestinya Pertamina memberikan kesempatan kepada semua aplikasi e-wallet untuk bekerjasama di aplikasi MyPertamina.

"KPPU akan mendalami apakah semua platform e-wallet telah diberi kesempatan untuk bekerjasama dengan Pertamina atau belum. Serta bagaimana mekanisme penunjukan mitra kerjasamanya, apakah melalui beauty contest atau penunjukan langsung dan sebagainya," kata Ridho, Rabu (29/6/2022).

Ridho menyebut, masyarakat dan pemerintah harus mendorong agar semakin banyak mitra pembayaran yang bekerja sama dengan aplikasi MyPertamina. Khususnya jika aplikasi itu ke depannya akan digunakan mayoritas penduduk untuk membeli BBM.

"Dengan semakin banyak mitra pembayaran yang dapat bekerjasama, tentunya akan memberikan lebih banyak pilihan dan kemudahan bagi masyarakat," pungkasnya.

(FRI)

Topik Menarik