6 Ketangkasan Wajib Dikuasai Casis TNI Sampai Prajurit Aktif Tempur & Teritorial Korem 011/LW

6 Ketangkasan Wajib Dikuasai Casis TNI Sampai Prajurit Aktif Tempur & Teritorial Korem 011/LW

Olahraga | portalaceh.inews.id | Rabu, 24 April 2024 - 18:20
share

LHOKSEUMAWE, iNewsPortalAceh.id- Korem 011/Lilawangsa menggelar Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periode I bagi prajurit TNI Korem 011/Lilawangsa dan jajaran, selain mahir menembak, berikut ini Enam ketangkasan olahraga militer yang wajib dikuasai oleh prajurit TNI dan PNS satuan tempur Batalyon dan teritorial, bahkan berlaku kepada Calon Siswa (Casis) TNI.

Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Ali Imran melalui Kasrem 011/LW Letkol Inf Eko Wahyu Sugiarto mengatakan, selain mahir menembak, sebanyak enam ketangkasan olahraga militer yang harus dikuasai setiap prajurit TNI dan PNS.

Namun olahraga ini ada tingkatan dan kategori setiap periode satu dan dua dilaksanakan rutinitas setiap tahun.

“Kesegaran jasmani adalah olahraga Militer, sebelum melaksanakan harus diawali cek tensi oleh Tim kesehatan, kegiatan meliputi ketangkasan samapta A, yakni lari selama 12 menit, dilanjutkan garjas B yakni Pull up, Sit up, Push up, Saterslan atau lari angka 8, terakhir ketangkasan renang gaya dada dengan jarak 50 meter perorangan,” jelas Kasrem, Rabu 24 April 2024.

Menurut Kasrem, kesegaran jasmani selain bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, ketangkasan tersebut merupakan ciri khas militer TNI merupakan salah satu syarat bagi setiap prajurit TNI yang akan naik pangkat, bahkan diperuntukan bagi yang melanjutkan sekolah atau naik golongan.

“Kesamaptaan ini salah satu khas militer, mulai jenjang seleksi menjadi casis TNI kita sudah berhadapan yang namanya kesegaran jasmani, sudah berdinas aktif pun setiap tahunnya melaksanakan, bahkan bagi yang akan naik pangkat dan sekolah atau pendidikan wajib menjalani, namun tetap utamakan faktor keamanan,” sebut Kasrem.

Sementara itu, Kepala Jasmani (Kajas) Korem 011/LW Kapten Inf Sumadi Joko Susilo mengatakan, saat ini Korem 011/Lilawangsa menggelar kegiatan Kesegaran Jasmani Periode I diikuti seluruh prajurit TNI dan PNS Korem dan Satuan Dinas Jawatan (Satdisjan) serta satuan Kodim yang ada di jajaran Korem 011/Lilawangsa.

“Semafta merupakan kesejahteraan bagi prajurit TNI, kegiatan ini diadakan 2 kali dalam setahun untuk mengukur kemampuan masing-masing, disamping itu setiap harinya juga dilaksanakan olahraga rutin bersama, dengan tujuan untuk menjaga fisik agar tubuh tetap sehat prima dalam mendukung pelaksanaan tugas,” harapnya.

Topik Menarik