Sejarah! Indonesia Lolos ke Final Thomas dan Uber Cup Bersamaan, Pertama dalam 26 Tahun

Sejarah! Indonesia Lolos ke Final Thomas dan Uber Cup Bersamaan, Pertama dalam 26 Tahun

Olahraga | inews | Sabtu, 4 Mei 2024 - 19:25
share

CHENGDU, iNews.id - Indonesia lolos ke final Thomas dan Uber Cup 2024. Ini merupakan kali pertama sejak 1998.

Kepastian ini didapat setelah Tim Thomas Indonesia melaju ke final mengalahkan Taiwan 3-0 di semifinal. Laga tersebut berlangsung di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, China, Sabtu (4/5/2024) malam WIB.

Sebelumnya, Tim Uber juga telah memastikan diri ke final di hari yang sama siang WIB. Apriyani Rahayu dkk melaju ke partai puncak usai mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-2.

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. (PBSI)

Kemenangan Tim Piala Thomas Indonesia atas Taiwan di semifinal hari ini dibuka oleh Anthony Sinisuka Ginting. Pemain asal Cimahi itu menang meyakinkan atas Chou Tien Chen dengan skor 21-18 dan 21-19.

Poin kedua Indonesia disumbangkan oleh ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Setelah duet ini sempat dipecah, Fajar/Rian akhirnya kembali memberikan kemenangan usai menaklukkan Lee Yang/Wang Chi-Lin dengan skor 16-21, 21-19, dan 21-18.

Sementara Jonatan Christie sukses menjadi penentu Indonesia melaju ke partai final usai mengandaskan Wang Tzu Wei. Jonatan berhasil mengatasi Wang dengan skor 21-11 dan 21-16.

Hasil ini tentu menggembirakan. Sejak 1998, tim Thomas dan Uber Indonesia memang kerap terpisah jika melaju ke partai puncak. Ini merupakan akhir dari penantian selama 26 tahun di mana Tim Thomas dan Uber Indonesia sama-sama lolos ke final.

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. (Foto: PBSI)

Sayangnya pada 1998, Indonesia gagal mengawinkan gelar. Hanya Tim Piala Thomas saja yang sukses meraih juara usai mengalahkan Malaysia 3-2. Sedangkan Tim Uber harus puas dengan status runner-up usai kalah dari China 1-4.

Tahun ini, pada partai final, Tim Uber Indonesia akan bertemu China yang juga tim tuan rumah. Sementara Tim Thomas menunggu pemenang antara China atau Malaysia.

Topik Menarik