Asisten Shin Tae-yong Bocorkan Suasana Ruang Ganti Timnas Indonesia U-23 usai Dikerjai Wasit Vs Qatar

Asisten Shin Tae-yong Bocorkan Suasana Ruang Ganti Timnas Indonesia U-23 usai Dikerjai Wasit Vs Qatar

Olahraga | inews | Selasa, 16 April 2024 - 19:00
share

DOHA, iNews.id – Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto membocorkan suasana ruang ganti usai dikerjai wasit saat vs Qatar di Piala Asia U-23 2024. Dia mengungkapkan Marselino Ferdinan dan kolega super kecewa. 

Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan 0-2 dari Qatar pada matchday pertama Grup A di Stadion Jassim Bin Hamad pada Senin (15/4/2024) malam WIB. Gawang Ernando Ari harus kebobolan lewat gol penalti yang dicetak Khalid Ali Sabah (45+1’) dan tendangan bebas Ahmed Alrawi (54’). 

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia U-23 harus bermain sembilan pemain pada babak kedua setelah Ivar Jenner dapat kartu kuning kedua di menit 46 dan kartu merah Ramadhan Sananta pada menit 90+6. Walau bermain pincang, sejatinya Skuad Garuda Muda bermain sangat apik.

Wasit Nasrullo Kabirov memberi kartu merah kepada gelandang Indonesia Ivar Jenner saat melawan Qatar pada Piala Asia U-23 2024 di Jassim bin Haman Stadium, Senin (15/3/2024) malam. (Foto: PSSI)
Wasit Nasrullo Kabirov memberi kartu merah kepada gelandang Indonesia Ivar Jenner saat melawan Qatar pada Piala Asia U-23 2024 di Jassim bin Haman Stadium, Senin (15/3/2024) malam. (Foto: PSSI)

Satu hal yang cukup menjadi sorotan, yakni kepemimpinan wasit Nasrullo Kabirov yang dirasa berat sebelah. Nova mengakui staf kepelatihan Timnas Indonesia U-23 sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit asal Tajikistan tersebut.

“Pastinya kami kecewa (dengan kontroversi wasit),” kata Nova melalui pesan singkat kepada iNews.id, Selasa (16/4/2024).

Beberapa keputusan wasit Kabirov kerap menimbulkan kontroversi. Salah satu contohnya adalah kartu kuning kedua yang diberikan pada Ivar Jenner. Padahal jika dilihat dari tayangan ulang, Ivar terlihat bersih tidak melanggar pemain Qatar.

Walau kecewa, Nova tak ingin Timnas Indonesia U-23 larut dalam kesedihan. Eks pemain Persib Bandung itu meminta Skuad Garuda Muda menjaga mentalitasnya untuk mengarungi dua sisa pertandingan yakni melawan Australia dan Yordania.

“Tapi kita tidak boleh down dengan pertandingan kemarin, karena kita masih punya dua pertandingan lagi didepan (lawan Australia dan Yordania),” ujarnya.

Indonesia kalah 0-2 dari Qatar pada matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 di Jassim Bin Hamad Stadium, Senin (15/4/2024) malam WIB. (Foto: PSSI)

Kepemimpinan wasit asal Tajikistan itu jelas mendapat respons negatif. Banyak warganet yang langsung meramaikan kolom komentar akun instagram Kabirov. Karena merasa dirugikan, PSSI pun juga telah menyatakan sikap protes kepada AFC. 

Kekalahan dari Qatar membuat Timnas Indonesia U-23 berada di dasar klasemen Grup A Piala Asia U-23 2024. Selanjutnya, Skuad Garuda Muda akan menghadapi lawan kuat yakni melawan Australia di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa pada Kamis (18/4/2024) malam WIB.

Topik Menarik