Sosok Nasrullo Kabirov, Wasit Laga Indonesia Vs Qatar di Piala Asia U-23 2024 yang Panen Hujatan

Sosok Nasrullo Kabirov, Wasit Laga Indonesia Vs Qatar di Piala Asia U-23 2024 yang Panen Hujatan

Olahraga | semarang.inews.id | Selasa, 16 April 2024 - 13:20
share

DOHA, iNewsSemarang.id - Nasrullo Kabirov, wasit asal Tajikistan menjadi sorotan netizen Indonesia. Pasalnya, dia dinilai sangat merugikan Timnas Indonesia saat melawan Qatar di fase grup Piala Asia U-23 2024.

Nasrullo Kabirov sering mengeluarkan keputusan kontroversi. Dalam laga itu Timnas Indonesia U-23 kalah 0-2 melawan Qatar di Jassim bin Hamad Stadium, Senin (15/4/2024) malam WIB.

Dua gol kemenangan Al-Annabi -julukan Timnas Qatar- dicetak oleh Khalid Ali Sabah (45+1'P) dan Ahmed Al-Rawi (54'). Laga tersebut diwarnai sejumlah kontroversi.

Wasit Nasrullo Kabirov membuat keputusan kontroversial, setelah memberikan kartu kuning kedua kepada Ivar Jenner yang dianggap melakukan pelanggaran terhadap Saifeldeen Hassan Fadlalla.

Namun dalam tayangan ulang pemain Jong FC Utrecht tersebut minim melakukan kontak fisik, tetapi dianggap melakukan pelanggaran keras.

Selain itu, dia juga tertangkap kamera batal memberi kartu merah kepada Saif Eldeen Hassan dan sederet kontroversial lainnya. Dia langsung jadi sasaran amuk fans Timnas Indonesia.

Banyak netizen Indonesia yang menghujatnya dan menyebutnya wasit level tarkam (antar kampung). Padahal Kabirov merupakan salah satu wasit berpengalaman dari Tajikistan. Dia sudah bertugas sejak 2017.

Kabirov malang melintang memimpin laga internasional seperti AFC Cup dan Asian Games. Kabirov sejatinya tak tak asing dengan atmosfer sepak bola Asia Tenggara.

Dia pernah menjadi wasit di SEA Games 2021. Bahkan pada 2022, Kabirov menjadi pengadil ketika Timnas Indonesia menjalani laga Kualifikasi Piala Asia melawan Uni Emirat Arab.

Namun, Kabirov tak menunjukkan ketegasannya saat laga Indonesia vs Qatar pada pertengahan 2022. Banyak keputusannya yang dinilai merugi Timnas Indonesia.

Total Kabirov mengeluarkan lima kartu kuning, serta dua kartu merah dengan perincian satu pemain diusir dengan dua kartu kuning dan satu lainnya lewat satu kartu merah langsung.

Dilansir dari data transfermarkt sejak 2017 hingga kini, Kabirov telah memimpin 90 pertandingan di berbagai ajang dan mengeluarkan 326 kartu kuning, sembilan kartu merah tidak langsung, dan 17 kartu merah langsung. Selain itu ada 37 penalti yang diberikan Kabirov selama karier selama tujuh tahun terakhir.


Topik Menarik