Justin Hubner Ngamuk usai Indonesia Dikalahkan Uzbekistan, Sentil Wasit Shen Yinhao

Justin Hubner Ngamuk usai Indonesia Dikalahkan Uzbekistan, Sentil Wasit Shen Yinhao

Berita Utama | inews | Selasa, 30 April 2024 - 03:15
share

DOHA, iNews.id - Justin Hubner ngamuk usai Indonesia dikalahkan Uzbekistan 0-2 pada semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024) malam WIB. Dia menyentil wasit Shen Yinhao.

Pengadil asal China itu memang membuat tiga keputusan kontroversial. Pertama di menit ke-28 saat insiden Witan Sulaeman ditekel pemain Uzbekistan Abduvohid Ne'matov di dekat kotak penalti.

Awalnya Shen menilai itu pelanggaran dan meniup peluitnya. Namun dia ragu apakah Witan dijatuhkan di kotak penalti atau tidak.

Foto: IST

Shen kemudian melihat VAR untuk memastikannya. Tapi mengejutkannya setelah berdiskusi dengan wasit VAR asal Thailand Sivakorn Pu-udom, dia justru membatalkan pelanggaran.

Lalu yang kedua saat Muhammad Ferarri mencetak gol untuk Indonesia. Shen lagi dan lagi menganulirnya lantaran menganggap Ramadhan Sananta berada dalam posisi offside.

Terakhir saat kartu merah Rizky Ridho menit ke-84. Dalam tayangan ulang sangat jelas sang kapten Indonesia membuang bola dan kakinya tak sengaja mengenai kemaluan pemain Uzbekistan Jasurbek Jaloliddinov.

Wasit Shen kembali mengecek VAR dan sejurus kemudian mengeluarkan kartu merah dari sakunya. Rizky Ridho dipaksa meninggalkan lapangan lebih awal.

Tiga insiden janggal ini membuat Shen dan Sivakorn Pu-udom menjadi sorotan usai laga. Justin Hubner mengunggah wajah Shen di Instagram Story miliknya sambil menuliskan caption, "kami bermain buruk hari ini, tapi orang ini," tulisnya sambil memasang emot ikon mengumpat.

Meski demikian Justin Hubner harus menegakkan kepala. Timnas Indonesia masih peluang lolos ke Olimpiade Paris 2024 dari jalur peringkat ketiga.

Mereka akan menghadapi tim yang kalah dari duel semifinal Piala Asia U-23 2024 lainnya yang mempertemukan Irak vs Jepang. Jika kalah lagi, tiket Olimpiade Paris 2024 harus diraih via jalur playoff melawan wakil Afrika, Guinea.

Topik Menarik