Dicurangi dalam Laga Perdana, Netizen Serbu Akun IG Wasit dan Piala Asia 

Dicurangi dalam Laga Perdana, Netizen Serbu Akun IG Wasit dan Piala Asia 

Olahraga | purwokerto.inews.id | Selasa, 16 April 2024 - 08:50
share

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id-Netizen Indonesia mengungkapkan kemarahan mereka terhadap kinerja wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov, yang memimpin pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 melawan Qatar dalam Piala Asia U-23 2024 yang diadakan pada Senin (15/4/2024). 

Mereka menilai bahwa wasit terlalu berpihak kepada tim tuan rumah dengan serangkaian keputusan yang kontroversial. Kondisi ini dianggap sebagai penyebab utama kekalahan 0-2 Garuda Muda dari Qatar di Stadion Jassim bin Hamad.

Sebagai bentuk kekecewaan terhadap kinerja wasit tersebut, netizen beramai-ramai mengirimkan komentar pedas ke empat akun Instagram, yakni akun federasi sepak bola Tajikistan (@fft_offcial), federasi sepak bola Qatar (@qfa), Piala Asia (@asiancup), dan Nasrullo Kabirov (@nasrullo_ref).

Kecenderungan wasit dan aparat pertandingan lainnya tampak jelas saat ia menunjuk titik penalti menjelang akhir babak pertama. Saat itu, Rizky Ridho dianggap telah menyikut pemain Qatar, Khalid Ali Sabah, di dalam kotak penalti.

Namun, replika menunjukkan bahwa ayunan tangan bek Persija tersebut adalah akibat dari benturan dengan pemain lawan, bukan sebuah pelanggaran yang disengaja. Khaled Ali berhasil memanfaatkan penalti tersebut untuk mencetak gol.

 

Di awal babak kedua, wasit kembali membuat keputusan yang dipertanyakan banyak pihak dengan memberikan kartu kuning kedua kepada Ivar Jenner yang berujung pada kartu merah. Jenner dianggap melakukan pelanggaran terhadap Saif Eldeen Hassan, yang dramatis berguling-guling kesakitan.

Namun, tayangan ulang menunjukkan kontak yang minim antara Jenner dan Hassan. Ironisnya, wasit tidak mau menggunakan VAR untuk memeriksa keputusan tersebut.

Beberapa keputusan wasit lainnya juga patut dipertanyakan, yang menjadi dasar bagi netizen Indonesia untuk bereaksi keras dan memberikan dukungan kepada tim asuhan Shin Tae-yong.

 

Topik Menarik