Drama Kenaikan dan Kehancuran: Malaysia Terpuruk di Peringkat FIFA

Drama Kenaikan dan Kehancuran: Malaysia Terpuruk di Peringkat FIFA

Olahraga | mojokerto.inews.id | Jum'at, 29 Maret 2024 - 16:30
share

KUALA LUMPUR, iNewsMojokerto.id - Dalam sebuah plot twist yang mengejutkan, pelatih Tim Nasional (Timnas) Malaysia, Kim Pan-gon, menghadapi krisis setelah kenaikan ranking Harimau Malaya yang begitu drastis beberapa bulan lalu. Kekhawatiran Kim Pan-gon kini menjadi kenyataan pahit, karena Malaysia mengalami penurunan posisi ranking dunia yang cukup dramatis, bahkan terlewati oleh rival bebuyutannya, Timnas Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Malaysia mengalami lonjakan peringkat FIFA yang signifikan. Hasil positif dalam sejumlah laga FIFA Matchday membuat tim asuhan Kim Pan-gon naik 20 peringkat secara tiba-tiba.

Namun, menariknya, Kim Pan-gon tidak merasa senang dengan kenaikan peringkat tersebut. Ia khawatir bahwa lonjakan yang terlalu cepat akan menimbulkan ekspektasi berlebihan dari publik, sementara performa sebenarnya tim Malaysia tidak mengalami perkembangan yang sebanding.

“Ini (naik 20 peringkat FIFA secara cepat) adalah sesuatu yang selalu saya khawatirkan. Saya sering membahas ini dengan FAM (Federasi Sepakbola Malaysia). Menurut saya, kenaikan peringkat yang begitu tiba-tiba ini bukan pertanda baik," ungkap Kim Pan-gon seperti yang dilansir oleh media asal Malaysia, Makan Bola, pada Jumat (29/3/2024).

“Suporter akan memiliki harapan yang terlalu tinggi. Suatu hari nanti, ekspektasi ini bisa memengaruhi kita," tambahnya.

Kim Pan-gon sangat menyadari bahwa para pemain Malaysia masih belum memenuhi ekspektasinya. 

 

“Kita harus sadar bahwa kita memiliki sumber daya yang terbatas. Saya jelas khawatir,” lanjut Kim Pan-gon.

Namun, kenyataan pahit kini menghampiri Malaysia. Dalam dua laga terakhir di Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Harimau Malaya menelan kekalahan dari Oman. 

Skor 0-2 saat bermain di kandang Oman, dan hasil serupa ketika Harimau Malaya bermain di depan pendukungnya sendiri. Kekalahan ini berdampak pada penurunan peringkat Malaysia.

Menurut Football-Ranking, Malaysia turun lima posisi ke peringkat 136. Drama kenaikan dan kehancuran ini untuk pertama kalinya dalam lima tahun, posisi Timnas Malaysia di ranking FIFA berhasil dilewati Timnas Indonesia.

Skuad Garuda yang justru meraih kemenangan di dua pertemuan melawan Vietnam pada ajang yang sama naik ke posisi 134 dunia. Garuda berhasil melewati Malaysia dalam ranking FIFA.

Malaysia pun masih bisa memperbaiki posisi ranking FIFA mereka pada Juni 2024 nanti. Sebab mereka akan menjalani dua laga terakhir Grup D Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan melawan Kirgistan dan Taiwan.

Topik Menarik