Pecat Philippe Troussier, Berapa Kompensasi Kontrak yang Harus Dibayar Timnas Vietnam?

Pecat Philippe Troussier, Berapa Kompensasi Kontrak yang Harus Dibayar Timnas Vietnam?

Olahraga | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 12:52
share

HANOI, iNews.id Berapa kompensasi kontrak yang harus dibayar Timnas Vietnam usai memecat Pelatih Philippe Troussier? Pertanyaan ini cukup bikin penasaran publik sepak bola di Asia Tenggara.

Pelatih asal Prancis itu dipecat setelah Timnas Vietnam dibantai 0-3 di kandang sendiri di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, pada matchday 4 putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (26/3/2024).

Itu menjadi kekalahan ketiga beruntun The Golden Star dari Tim Garuda . Sebelumnya, Vietnam kalah 0-1 pada matchday 3 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Kemudian, pasukan Troussier juga kalah 0-1 pada fase grup Piala Asia 2023 di Qatar, 19 Januari 2024.

Usai kalah 0-3 di Hanoi, Philippe Troussier langsun dipecat. Pasalnya, hasil itu juga menjadi tujuh kekalahan beruntun Timnas Vietnam di semua ajang sejak akhir Desember 2023.

Lalu, berapa kompensasi yang harus dibayar Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) setelah memecat pelatih 69 tahun itu.

Karena Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) dan pelatih Philippe Troussier mencapai kesepakatan untuk menghentikan Pengakhiran kontrak jadi kami tidak perlu membayar kompensasi kontrak, tutur Wakil Presiden VFF Tran Anh Tu kepada Dan Viet , dikutip Kamis (28/3/2024).

Tepat setelah kekalahan 0-3 dari Indonesia di My Dinh, malam itu juga, VFF dan Troussier mengadakan pertemuan. Dalam pertemuan tersebut, VFF dan Coach Troussier mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak sang arsitek di Timnas Vietnam senior dan U-23 mulai 26 Maret 2024.

Dalam kontrak yang ditandatangani antara VFF dan pelatih Troussier, ada klausul yang disepakati kedua belah pihak. untuk mengakhiri kontrak dalam kasus tertentu, ucap Tran Anh Tu.

Di sini, kedua pihak telah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak tanpa harus membayar kompensasi.

VFF telah belajar dari pelajaran masa lalu saat menandatangani kontrak dengan pelatih asing untuk bisa mencari jalan keluar paling masuk akal jika sang pelatih tidak memenuhi ekspektasi.

Hal itu juga menunjukkan niat baik pelatih Troussier ketika memutuskan duduk di kursi panas dalam kontrak berdurasi 1 Maret 2023 hingga 31 Juli 2026 yang ditandatangani VFF pada akhir Februari tahun lalu.

Topik Menarik