Timnas Indonesia Bantai Vietnam 3-0, Jokowi Langsung Telepon Erick Thohir

Timnas Indonesia Bantai Vietnam 3-0, Jokowi Langsung Telepon Erick Thohir

Olahraga | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 06:47
share

JAKARTA, iNews.id Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung menelepon Ketua Umum PSSI usai Timnas Indonesia sukses membantai Vietnam 3-0, Selasa (26/3/2024) malam.

Presiden Jokowi menonton pertandingan tersebut bersama sejumlah menteri dan perangkat melekat di hotel tempatnya bermalam di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah.

Bertandang ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Tim Garuda membuka keunggulan pada menit kesembilan lewat tandukan Jay Idzes yang memanfaatkan tendangan sudut Thom Haye.

Timnas Indonesia menggandakan keunggulan pada menit ke-23 melalui tendangan kaki kiri Ragnar Oratmangoen. Winger Fortuna Sittard itu menggiring bola masuk ke kotak penalti Vietnam sebelum kemudian melepaskan tembakan keras dengan kaki kirinya.

Jelang bubaran, gol dari Ramadhan Sananta pada menit ke-90+8 melengkapi kemenangan bersejarah timnas Indonesia atas Vietnam. Striker Persis Solo itu berhasil menyambar bola muntah dari sundulan Egy Maulana Vikri yang membentur tiang untuk menjebol gawang lawan.

Ini merupakan kemenangan pertama timnas Indonesia di kandang Vietnam sejak 20 tahun lalu. Saat itu, skuad Garuda mengalahkan tuan rumah 3-0 pada fase grup Piala Tiger 2004, tepatnya pada 11 Desember 2004.

Usai laga, Presiden Jokowi pun langsung menelepon Erick Thohir.. Selamat ya, sampaikan kepada yang lain, ujar Presiden Jokowi dalam perbincangan via telepon tersebut.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia semakin mantap di peringkat kedua klasemen sementara Grup F dengan poin 7, hasil dari dua kali menang, sekali imbang, dan sekali kalah. Indonesia terpaut 5 poin dari pemimpin klasemen Irak yang sukses membantai Filipina 5-0.

Saat nonton bareng Timnas Indonesia kemarin, Presiden Jokowi juga ditemani Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Topik Menarik