Hasil Playoff Kualifikasi Euro 2024: Polandia ke Putaran Final usai Menang Adu Penalti Vs Wales

Hasil Playoff Kualifikasi Euro 2024: Polandia ke Putaran Final usai Menang Adu Penalti Vs Wales

Olahraga | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 05:50
share

CARDIFF, iNews.id Timnas Polandia memastikan satu tiket terakhir ke putaran final Euro 2024 usai menang adu penalti 5-4 kontra Wales, Rabu (27/3/2024) dini hari WIB.

Tampil di Cardiff City Stadium, tim tamu Polandia justru mampu tampil lebih mendominasi permainan. Robert Lewandowski dkk mencatatkan 55 persen penguasaan bola berbanding 45 persen tuan rumah.

Meski begitu, soliditas permainan Wales membuat mereka tampil efektif. Tim berjuluk The Dragons itu tetap mampu melepaskan 11 tembakan dengan 3 yang tepat sasaran, lebih baik dari tim tamu yang mengirim 13 tembakan tanpa satu pun yang mengarah ke gawang.

Namun, ketatnya permainan membuat kedua tim gagal mencetak gol hingga perpanjangan waktu. Sehingga, laga harus ditentukan melalui adu penalti.

Di fase menegangkan tersebut, lima penendang Polandia, yakni Robert Lewandowski Sebastian Szymanski, Przemyslaw Frankowski, Nicola Zalewski, dan Krzysztof Piatek semuanya berhasil menunaikan tugasnya dengan baik.

Sedangkan Timnas Wales, dari kelima algojonya, hanya empat yang berhasil, yakni Benjamin Davies, Kieffer Moore, Harry Wilson, dan Neco Shay Williams. Sementara penendang terakhir mereka, yakni Daniel James gagal.

Dengan hasil ini, Polandia berhak mendapatkan satu kuota terakhir ke putaran final Euro 2024 di Jerman. Ini menjadi kejuaraan Eropa kelima yang diikuti tim berjuluk Bialo-czerwoni itu setelah pernah mencapainya pada 2008, 2012, 2016 dan 2020.

Sebelumnya, dua tiket lain sudah diamankan Georgia dan Ukraina. Georgia melaju ke putaran final Piala Eropa untuk pertama kalinya sepanjang sejarah setelah menang adu penalti kontra Yunani. Sementara Ukraina lolos ke Euro untuk keempat kalinya setelah melumat Islandia 2-1.

Hasil Final Playoff Euro 2024

Wales 0
Polandia 0
Polandia menang adu penalti 5-4

Ukraina 2
Islandia 1

Georgia 0
Yunani 0
Georgia menang adu penalti 4-2

Topik Menarik