Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia, Indonesia Bantai Vietnam 0-3

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia, Indonesia Bantai Vietnam 0-3

Olahraga | lintasbabel.inews.id | Selasa, 26 Maret 2024 - 21:41
share

HANOI, Lintasbabel.iNews.id Tim Nasional (Timnas) Indonesia sukses mempermalukan tuan rumah Vietnam, dengan skor 0-3, pada laga keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Gol Garuda dicetak oleh Jay Idzes di menit ke-9, Ragnar Oratmangoen menit ke-23, dan Ramadhan Sananta di menit ke-98.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024) tersebut, anak asuh Shin Tae-yong tampil apik meski berada di bawah tekanan ribuan suporter tuan rumah.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama

Timnas Indonesia di awal babak pertama berhasil menguasai pertandingan. Tepat di menit ke-9 Timnas Indonesia unggul 0-1, berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Thom Haye.

Bola umpan Thom Haye lantas disambut oleh Jay Idzes yang langsung mencari ruang kosong. Sundulan pemain Venezia itu membawa Timnas Indonesia unggul cepat.

Setelahnya, Timnas Indonesia terus menekan Vietnam. Tuan rumah beberapa kali memberikan serangan balik, namun pertahanan Garuda masih kukuh.

Menit 23, Timnas Indonesia memberikan petaka bagi tuan rumah. Ragnar kali ini sukses mencetak gol perdananya untuk Timnas Indonesia. Ragnar sempat melewati sejumlah pemain sebelum melepaskan tendangan lewat kaki kirinya ke gawang Vietnam.

Skor 0-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang untuk turun minum.

Babak Kedua

Formasi 5-4-1 yang diterapkan coach STY tidak berubah di babak kedua. Hanya saja, Asnawi Mangkualam dan Hokky Caraka ditarik keluar, digantikan oleh Yakob Sayuri dan Egy Maulana Vikri.

Vietnam yang tak mau dipermalukan di kandang sendiri, terus berupaya menggempur lini pertahanan Indonesia. Mereka meningkatkan tempo permainan dengan bermain lebih agresif. Skema serangan lewat umpan-umpan pendek diterapkan oleh The Golden Star.

Tim asuhan Philippe Troussier itu beberapa kali mendapat peluang. Tapi penyelesaian akhir yang buruk membuat gawang Indonesia masih aman.

Masuk menit ke-80 banyak pemain Indonesia yang tergeletak di lapangan karena kram. Salah satunya kiper Ernando Ari. Vietnam terus-terusan menggempur Indonesia di akhir babak kedua. Tapi pasukan Shin Tae-yong yang justru mencetak gol tambahan via Ramadhan Sananta di menit ke-90+8.

Laga ditutup dengan skor 0-3 untuk Skuad Garuda.

Kemenangan ini sangat penting bagi Garuda, untuk menjaga asa lolos ke babak berikutnya pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat ke-2 Grup F berbekal 7 poin. Sementara Vietnam di posisi ke-3 dengan poin 3. Pemuncak klasemen grup adalah bawah Irak dengan poin sempurna 12. Filipina berada di dasar grup dengan koleksi 1 poin.

Line Up Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam

Timnas Indonesia XI (3-4-3): Ernando Ari; Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On; Witan Sulaeman, Hokky Caraka, Ragnar Oratmangoen.

Cadangan: Muhammad Riyandi, Yakob Sayuri, Wahyu Prasetyo, Ramadhan Sananta, Egy Maulana Vikri, Rafael Struick, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Arkhan Fikri, Edo Febriansyah, Muhammad Ferarri, Syahrul Trisna.

Topik Menarik