Media Vietnam Bedah Cara Taklukkan Timnas Indonesia yang Dipenuhi Pemain Naturalisasi

Media Vietnam Bedah Cara Taklukkan Timnas Indonesia yang Dipenuhi Pemain Naturalisasi

Olahraga | inews | Senin, 18 Maret 2024 - 20:38
share

HANOI, iNews.id Media Vietnam, Danviet, membedah cara menaklukkan Timnas Indonesia yang dipenuhi pemain naturalisasi.

Duel Timnas Indonesia vs Vietnam bakal mewarnai lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Garuda akan menjadi tuan rumah lebih dulu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (21/3/2024). Kemudian, Indonesia sowan ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024).

Banyaknya pemain naturalisasi yang menghuni Timnas Indonesia membuat minder pasukan Timnas Vietnam. Terlebih, pada pertemuan terakhir, tim berjuluk The Golden Star Warriors itu takluk 0-1 pada fase grup Piala Asia 2023 di Qatar, 19 Februari lalu.

Vietnam pun bersiap untuk melakoni dua laga kontra Tim Garuda. Apalagi, hasil dari laga tersebut akan sangat menentukan nasib kedua tim.

Saat ini, Vietnam duduk di peringkat kedua dengan poin 3 pada klasemen Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sementara Indonesia berada di urutan terbawah dengan nilai 1, setara dengan Filipina di urutan ketiga. Posisi puncak dikuasai Irak dengan poin 6.

Hanya dua tim teratas yang berhak melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, sekaligus lolos langsung ke Piala Asia 2027.

Untuk itu, media Vietnam, Danviet, langsung membedah kelebihan dan kelemahan Timnas Indonesia sebagai masukan untuk Pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier.

Pada dasarnya, tim Indonesia asuhan pelatih Shin Tea-yong pada laga mendatang akan sama seperti saat mengalahkan Vietnam di Piala Asia 2024, hanya saja ada penambahan beberapa pemain impor lagi, tulis Danviet, Senin (18/3/2024).

Kelebihan tim ini jelas, mereka merupakan pemain naturalisasi yang bermain di turnamen berkualitas. Mereka besar dan kuat, dengan teknik bagus dan kesadaran taktis, ujarnya.

Kelemahannya adalah jarang bermain bersama, pemain kurang memahami satu sama lain, pelatih kurang memahami sepenuhnya kelebihan dan keterbatasan pemain, secara teori kemampuan koordinasi akan terpengaruh.

Lalu, media tersebut juga menganalisa bagaimana cara yang efektif untuk menaklukkan Timnas Indonesia di dua laga mendatang.

Menurut Danviet, jika mirip dengan yang terjadi pada laga di Piala Asia 2023, maka hal terpenting yang perlu dilakukan para pemain Vietnam di dua laga berikutnya adalah kemampuan menguasai bola dan lepas dari tekanan.

Vietnam akan di bawah tekanan yang diperkirakan akan sangat kuat dari Timnas Indonesia. Melakukan hal ini (keluar dari tekanan) akan membantu pemain kami memiliki sikap yang lebih proaktif dan memiliki kondisi untuk melancarkan serangan mereka. Bisakah murid-murid Pelatih Troussier melakukan ini? tulis Danviet.

Topik Menarik