Nathan Tjoe-A-On Yakin Sepak Bola Indonesia Berkembang Pesat karena Hal Ini

Nathan Tjoe-A-On Yakin Sepak Bola Indonesia Berkembang Pesat karena Hal Ini

Olahraga | inews | Sabtu, 16 Maret 2024 - 18:00
share

JAKARTA, iNews.id - Bek Timnas Indonesia Nathan Tjoe-A-On yakin sepak bola Indonesia bisa berkembang pesat. Sebab menurutnya saat ini banyak talenta muda berbakat dari Tanah Air.

Pemain SC Heerenveen itu berjanji akan menjadi bagian dari proses tersebut. Nathan ingin membagikan pengalamannya di Eropa untuk membantu Timnas Indonesia.

“Melihat sepak bola Indonesia di dua hingga lima tahun ke depan, saya kira Indonesia punya banyak potensi dan juga saat ini banyak pemain muda," kata Nathan dikutip dari laman PSSI, Sabtu (16/3/2024).

"Sepak bola di sini bisa berkembang pesat, saya harap bisa membantu perkembangan tim nasional Indonesia dan juga dengan kemampuan yang saya punya akan lebih maju lagi,” jelasnya.

Nathan resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah mengambil sumpah dan janji pewarganegaraan di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Senin (11/3) lalu.

Nathan dan keluarganya sangat senang karena bisa menyelesaikan semua proses naturalisasi yang dijalaninya. Pemain berusia 22 tahun itu menyampaikan ini menjadi langkah yang besar baginya untuk mengembangkan sepak bola Indonesia.

“Saya senang akhirnya bisa selesai dan berjalan lancar,” tutur Nathan.

“Keluarga sangat senang, karena sebelumnya saya banyak membicarakan tentang hal ini. Sebuah langkah yang besar untuk saya, untuk mengembangkan sepak bola Indonesia, dan saya ingin menjadi bagian dari itu,” sambungnya.

Dengan selesainya proses naturalisasinya itu, Nathan kemungkinan akan menjalani debut bersama Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam. Istimewanya lagi, dia berpeluang debut saat Skuad Garuda bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). 

“Fans sepak bola di Indonesia sangat hebat, dan sangat baik. Saya pernah menonton pertandingan Indonesia, dimana saya bisa melihat langsung dan merasakan pendukung, itu membuat saya sudah tak sabar ingin bermain untuk Indonesia,” ungkap Nathan.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pada laga pertama, mereka akan bermain kandang lebih dulu di SUGBK pada Kamis (21/3/2024).

Berselang lima hari, giliran The Golden Star Warriors -julukan Timnas Vietnam- yang menjamu Skuad Garuda di Stadion My Dinh, Selasa (26/3/2024) mendatang.

Timnas Indonesia saat ini masih terkunci di dasar klasemen Grup F dengan hanya mengoleksi satu poin setelah kalah dari Irak dan imbang kontra Filipina. Sedangkan Vietnam berada di urutan dua dengan tiga poin usai meraih kemenangan kontra Filipina dan kalah dari Irak.

Topik Menarik