Menpora Dito Ariotedjo Resmi Lepas Kontingen Indonesia ke SEA Games 2023 Kamboja

Menpora Dito Ariotedjo Resmi Lepas Kontingen Indonesia ke SEA Games 2023 Kamboja

Olahraga | BuddyKu | Selasa, 2 Mei 2023 - 08:21
share

JAKARTA Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo , resmi melepas kontingen Indonesia yang akan berjuang di SEA Games 2023 Kamboja. Momen pelepasan para atlet itu dilakukan Dito di Lapangan Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Selasa (2/5/2023) pagi WIB.

Kami Kemenpora bersama NOC, KONI, pengurus induk olahraga Indonesia dan masyarakat Indonesia mendukung perjuangan kontingen Indonesia di SEA Games 2023, dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya mengukuhkan kontingen Indonesia menuju SEA Games Kamboja 2023, kata Dito, Selasa (2/5/2023).

Dalam acara pelepasan itu, turut hadir Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Saptaoktohari dan Ketua Kontingen Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim. Lalu, ratusan atlet dari berbagai cabang olahraga yang bertanding dan juga pengurus federasi olahraga Indonesia juga turut hadir dalam acara pengukuhan itu.

Dito pun memberikan suntikan motivasi kepada ratuan atlet yang hadir. Menteri berusia 32 tahun itu mengajak mereka untuk menjadikan SEA Games 2023 ini sebagai batu loncatan untuk berprestasi menuju Olimpiade 2024.

Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 (Andhika Khoirul Huda/MPI)

"Persiapan SEA Games ke-32 ini juga telah melalui pemusatan latihan nasional yang tidak terputus dan hal ini merupakan implementasi dari peraturan presiden nomor 86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Dan ini diharapkan dengan pembinaan yang berlekanjutan mampu menghasilkan prestasi yang optimal pada multievent insternasional," ucap Dito.

"Paradigma prestasi olahraga nasional mempunyai target prestasi pada Olimpiade yang artinya multievent seperti SEA Games dan Asian Games dapat kita jadikan sebagai target antara menuju Olimpiade mendatang, setuju?" tambahnya dengan penuh semangat.

Seperti diketahui, Tim Merah-Putih mengutus kontingen yang besar di ajang SEA Games 2023 Kamboja yang akan berlangsung pada 5-17 Mei mendatang. Tak tanggung-tanggung, Menpora Dito Ariotedjo mengirim 599 atlet yang terdiri dari 379 putra dan 220 putri.

Hampir 600 atlet yang berangkat tersebut bakal bertanding di 31 dari 37 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Kamboja. Menpora menargetkan Indonesia bisa memetik setidaknya 60 medali emas pada SEA Games tahun ini.

Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan pada edisi SEA Games 2021 Vietnam. Kala itu, Indonesia hanya mengirim sebanyak 499 atlet.

Hasilnya, Indonesia berhasil membawa pulang total 241 medali yang terdiri dari 69 emas, 91 perak dan 81 perunggu. Mayoritas medali itu didapat dari cabor menembak dan dayung. Akan tetapi, kedua cabor tersebut tidak dipertandingkan di Kamboja sehingga Skuad Garuda diproyeksikan kehilangan banyak medali.

Karena itu, Indonesia mengirim lebih banyak atlet ke Kamboja tahun ini. Harapannya agar medali-medali yang hilang tersebut bisa digantikan oleh cabor lain yang menurunkan lebih banyak atlet.

Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 (Andhika Khoirul Huda/MPI)

Kekuatan Indonesia yang ada saat ini sudah merupakan komposisi terbaik setelah melalui proses peninjauan yang panjang untuk kita kirim ke Kamboja. Semuanya sudah dipilih berdasarkan track record prestasi oleh sport analis yang dilakukan bersama-sama oleh tim pakar, akademisi serta melibatkan KOI dan KONI, ujar Dito.

Topik Menarik