Loading...
Loading…
Peraturan Sepak Bola yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Peraturan Sepak Bola yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Olahraga | skor.id | Jumat, 23 September 2022 - 13:40

SKOR.id - Dalam laga Persib vs PSIS di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 13 Agustus 2022, terjadi sebuah gol yang dibuat oleh Alfeandra Dewangga melalui lemparan ke dalam. Bola yang dilempar pemain PSIS itu langsung meluncur ke gawangPersib Bandungpada menit ke-88.

Wasit Totok Fitrianto padaawalnya mengesahkan gol tersebut, namun sesudah berdiskusi dengan asisten wasit tambahan yang berada di dekat gawang, gol tersebut dianulir.

Totok Fitrianto menganggap bahwa bola lemparan ke dalam Alfeandra Dewangga tidak mengenai satu pun pemain kedua tim, sehingga itu menjadi tendangan gawang untuk Persib.

Di sosial media mulai ramai perdebatan mengenai masalah tersebut. MenurutLaw 15 IFAB Laws of the Game 2022-2023: Gol tidak dapat dicetak langsung dari lemparan ke dalam. Apabila bola masuk ke gawang lawan, maka tendangan gawang diberikan. Apabila bola masuk ke gawang pelempar, maka tendangan sudut diberikan.

Itu adalah salah satu peraturan permainan dalam sepak bola yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang, dan sebenarnya masih ada lagi. Berikut rangkumannya dari Skor.id :

Mencetak Gol Melalui Kick-Off

Biasanya saat kick-off , pemain mengumpan bola kepada rekan satu timnya, namunsebenarnya ada peraturan yang memperbolehkan pemain untuk menendang langsung bola ke gawang lawan. Karenamencetak golmelalui kick-off adalah sah.

Mengoper Bola Dalam Tendangan Penalti

Bolehkah sebuah tendangan penalti tidak ditendanglangsung namun justru diumpan ke rekan setim? Menurut Laws of The Game FIFA, mengumpan saat penalti sah-sah saja dilakukan.

Dasar penalti adalah bola harus digulirkan ke depan mendekati gawang. Hal yang sama juga berlaku untuk tendangan bebas. Jika bola sudah ditendang statusnyamenjadi hidup ( in play ).

Ini berhubungan denganperaturan selanjutnya yang jarang orang tahu.

Penendang Penalti Tidak Boleh Menyentuh Bola Sebanyak Dua Kali

Apabila seorang eksekutor penalti sudah menyentuh bola, ia dilarang menyentuhnya lagi sebelum pemain lain menyentuh bola tersebut.

Itu berlaku juga saat tendangan penalti menyentuh mistar, penendang tidak boleh menendang bola rebound tersebut.

Setiap Tim Minimal Memiliki 7 Pemain di Lapangan

Dalam setiap pertandingan sepak bola, harus ada minimal tujuh pemain dalam satu tim di lapangan untuk memulai atau melanjutkan pertandingan.

Ini berarti maksimal empat kartu merah dapat diberikan kepada pemain tim di lapangan dalam satu pertandingan.

Dalam FIFA Laws of the Game, tim akan dinyatakan kalah jika pemainnyakurang dari tujuh.

Gol Melalui Lemparan ke Dalam Apakah Sah?

Seperti yang kita bahas di awal artikel, jika bola lemparan ke dalam langsung masuk ke gawang, maka gol tidak akan sah apabila tidak ada pemain yang menyentuhnya terlebih dahulu. Jika gol terjadi di gawang sendiri, akan dilakukan sepak pojok.

Berikut video salah satu contoh lemparan ke dalam yangsah menjadi gol karena menyentuh pemain terlebih dahulu:

Itulah berbagai macam peraturan permainan sepak bola yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Semoga bisa membuat semakin paham akan permainan sepak bola ya Skorer!

Deretan Pemain dan Pelatih yang Menonjol di Liga Spanyol Sejauh Ini

&
Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{