Update Ranking BWF Pebulu Tangkis Indonesia Usai Dicairkan: Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo Tetap Nomor 1 Dunia!

Update Ranking BWF Pebulu Tangkis Indonesia Usai Dicairkan: Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo Tetap Nomor 1 Dunia!

Olahraga | BuddyKu | Selasa, 2 Agustus 2022 - 14:55
share

UPDATE ranking BWF para pebulu tangkis Indonesia usai dicairkan BWF sudah diketahui. Ganda putra andalan Tanah Air, Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo , pun tetap di ranking 1 dunia.

Ya, Federasi Badminton Dunia (BWF) mulai mencairkan poin-poin ranking dunia usai melakukan pembekuan. Ada sejumlah perubahan ranking para pemain Indonesia, meski begitu jumlahnya tidak banyak.

Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting

Seperti diketahui, BWF resmi membekukan ranking karena pandemi Covid-19 mulai dari pekan ke-12 2020, tepatnya pada 17 Maret (penghitungan poin dari pekan ke-12 2019). Namun, perhitungan poin mulai dicairkan secara bertahap.

Pencairan bertahap itu terhitung mulai hari ini, Selasa (2/8/2022). Dengan adanya pencairan bertahap, para pemain pun mengalami perubahan ranking dunia, termasuk para pemain bulu tangkis dari Indonesia.

Dari sektor tunggal putra, tidak ada perubahan besar yang terjadi kepada para pemain Indonesia. Hanya saja, Jonatan Christie berhasil naik satu peringkat ke urutan ketujuh dengan menggeser Chen Long (China). Sementara itu, Anthony Sinisuka Ginting tetap berada di ranking enam dunia.

Sejalan dengan Anthony, Shesar Hiren Rhustavito juga menetap di peringkat ke-26 dunia. Namun, Tommy Sugiarto berhasil menggeser Chico Aura Dwi Wardoyo, yang turun ke peringkat 36. Tommy saat ini naik satu peringkat menjadi ranking 35.

Kemudian, dari sektor tunggal putri, tidak ada perubahan signifikan dari para wakil Indonesia. Tidak ada wakil Indonesia yang berada di urutan 10 besar. Peringkat terbaik yang dimiliki pemain Indonesia adalah ranking 26, tempat nama Gregoria Mariska Tunjung bertengger.

Gregoria Mariska Tunjung

Selain itu, ada Fitriani yang naik dua tangga menjadi ranking 43, dan Putri Kusuma Wardani yang naik satu peringkat menjadi ranking 47.

Selanjutnya, dari sektor ganda putra, empat wakil teratas pemain Indonesia tidak berubah rankingnya. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo tetap di ranking pertama.

Marcus/Kevin disusul Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang berada di ranking ketiga. Sementara itu, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berada di ranking kelima, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan berada di ranking ke-14.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Hal yang serupa juga berlaku bagi Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang rankingnya tak berubah. Bagas/Fikri di ranking 20 dunia, sementara Leo/Daniel ke-21.

Lalu, dari sektor ganda putri, nama Greysia Polii masih menemani Apriyani Rahayu di ranking tujuh dunia. Sedangkan, pasangan baru Apriyani, Siti Fadia Silva Ramadhanti masih tercatat berpasangan dengan Ribka Sugiarto. Fadia/Ribka sendiri kini berada di peringkat ke-28 dunia.

Namun begitu, pasangan baru Apriyani/Fadia tercatat sedikit-sedikit mulai menanjak. Keduanya kini naik satu peringkat menjadi ranking ke-41.

Sementara itu, ganda putri lain Indonesia, Febriana Diwpuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, berhasil naik dua peringkat menjadi ranking 44. Sedangkan, Della Destiara Harris/Rizki Amelia Pradipta (35) turun empat peringkat, dan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah (46) turun satu peringkat.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Terakhir, juga tidak banyak perubahan ranking di sektor ganda campuran Indonesia. Dari lima pasangan di zona 50 besar, hanya Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang rankingnya berubah. Ganda campuran itu berhasil naik dua peringkat menjadi ranking 44.

Sementara itu, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (5), Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (15), Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (18), dan Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso (28) masih tetap berada di peringkat yang sama.

Topik Menarik