Khasiat Minyak Kelapa untuk Bersihkan Karang Gigi

Khasiat Minyak Kelapa untuk Bersihkan Karang Gigi

Olahraga | skor.id | Sabtu, 25 Juni 2022 - 13:00
share

SKOR.id - Minyak kelapa dipercaya bisa membantu mengatasi karang pada gigi. Berikut adalah cara menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan karang gigi.

Karang gigi dapat terjadi karena adanya sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi. Jika dibiarkan terlalu lama, karang gigi bisa menjadi tempat menempelnya bakteri.

Namun, banyak orang tidak menyadari kehadiran karang gigi, karena sering kali muncul di gigi bagian dalam. Padahal, membiarkan karang gigi menumpuk bisa berbahaya bagi kesehatan mulut dan gigi.

Karang gigi bakal menggerogoti tulang penyangga gigi sehingga membuat gigi goyang. Selain itu karang gigi juga berpotensi menjadi tempat bakteri penyebab gigi berlubang melekat.

Karang gigi yang menumpuk juga bisa menyebabkan bau mulut tak sedap, sehingga membuat seseorang kurang percaya diri.

Membersihkan karang gigi harus segera dilakukan untuk mencegah berbagai masalah kesehatan mulut dan gigi. Salah satu perawatan untuk membersihkan karang gigi dikenal dengan sebutan scaling.

Namun selain scaling ada pula cara membersihkan karang gigi secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah, yaitu menggunakan minyak kelapa.

Bukan tanpa alasan menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan karang gigi. Minyak kelapa diketahui memiliki manfaat menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus . Sementara karang gigi tercipta karena adanya bakteri Steptococcus juga.

Karena minyak kelapa diyakini bisa menurunkan jumlah bakteri pada karang gigi, maka diharapkan karang gigi tersebut bisa lepas.

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Minyak Kelapa

Membersihkan karang gigi menggunakan minyak kelapa dapat dilakukan dengan cara mengoleksi minyak kelapa ke gigi. Lalu biarkan selama tiga hingga lima menit tanpa harus berkumur.

Setelah itu minyak kelapa dimuntahkan dan kemudian sikat gigi seperti biasa.

Meski demikian, harus diperhatikan bahwa tidak semua kondisi karang gigi bisa diatasi hanya menggunakan minyak kelapa. Ketika karang gigi membesar dan menempel kuat pada gigi, maka sebaiknya dibersihan oleh dokter gigi.

Berita Bugar Lainnya

Deretan Makanan Sehat dan Simpel untuk Ide Makan Malam

Sering Cegukan? Kenali Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

&
Topik Menarik