Bebas dari Sanksi WADA, Timnas Indonesia Jadi yang Pertama Kibarkan Merah Putih di AFF U-23

Bebas dari Sanksi WADA, Timnas Indonesia Jadi yang Pertama Kibarkan Merah Putih di AFF U-23

Olahraga | inewsid | Jum'at, 4 Februari 2022 - 21:17
share

JAKARTA, iNews.id - Indonesia berhasil lepas dari sanksi Badan Antidoping Dunia (WADA). Timnas Indonesia akan jadi yang pertama mengibarkan bendera Merah Putih di ajang Piala AFF U-23 2022.

WADA sebelumnya menghukum Indonesia dan Thailand karena dinilai tidak menerapkan program pengujian tes doping. Kedua negara tersebut dilarang mengibarkan bendera di kancah olahraga.

Tapi kini kedua negara itu sudah memenuhi kewajiban untuk mendapatkan status sebagai negara yang patuh regulasi. Karenanya, Indonesia pun diperbolehkan untuk kembali mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

Timnas Indonesia akan menjadi yang pertama mengibarkan merah putih. Tim asuhan Shin Tae-yong ituakan tampil dalam gelaran Piala AFF U-23 2022 di Kamboja pada 14-26 Februari.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan senang Timnas Indonesia U-23 bisa menjadi yang pertama mengibarkan Merah Putih.

Dia berterima kasih kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang berhasil melepaskan Indonesia dari sanksi WADA.

"Terima kasih pak Menpora, dan bapak Okto (Ketua NOC Indonesia) untuk merah putih bisa berkibar," kata Iriawan kepada awak media, Jumat (4/2/2022).

"Tanggal 14 pembukaan Piala AFF U-23 2022 di Kamboja, tanggal sudah 15 kick off, sudah berkibar itu bendera indonesia," sambungnya.

"Terima kasih Menpora, kita tunggu pengibaran bendera Indonesia di Kamboja," tambahnya senang.

Timnas Indonesia berada di Grup B Piala AFF U-23 bersama Laos, Myanmar dan Malaysia. Pratama Arhan dan kolega melakoni laga perdana melawan Laos, Selasa (15/2/2022) malam WIB.

Topik Menarik