Si Rapuh Ousmane Dembele, 695 Hari Absen, Melewatkan 102 Laga Barcelona

Si Rapuh Ousmane Dembele, 695 Hari Absen, Melewatkan 102 Laga Barcelona

Olahraga | skor.id | Kamis, 20 Januari 2022 - 23:20
share

SKOR.id - Barcelona sudah memberikan peringatan keras kepada Ousmane Dembele. Bahkan, melalui Direktur Olahraga Mateu Alemany, Blaugrana meminta agar sang pemain segera angkat kaki.

Sikap Barcelona ini tiada lain karena Ousmane Dembele dinilai tidak memperlihatkan itikad baik terkait persoalan kontrak pemain tersebut yang akan berakhir pada Juni 2022 nanti.

Selama ini, Barcelona selalu mencoba berada di dekat sang pemain. Manajemen Barcelona dengan sabar telah mengajukan tawaran kontrak baru.

Belakangan diketahui dari pernyataan Mateu Alemany bahwa proses atau upaya mempertahankan Ousmane Dembele sudah dilakukan sejak enam bulan lalu.

Kini, Barcelona sudah habis kesabaran. Apalagi, masih menurut Mateu Alemany, itikad baik Barcelona tidak dibalas dengan sikap yang serupa dari sang pemain.

Ousmane Dembele terkesan cuek dan pemain asal Prancis tersebut selalu berhasil menghindar dari sejumlah tawaran yang diajukan Barcelona kepada dirinya.

"Kami mengatakan kepadanya dan agennya bahwa dia harus segera meninggalkan klub karena kami ingin pemain yang berkomitmen," kata Mateu Alemany, Kamis (20/1/2022).

"Kami perkirakan transfer itu akan terjadi sebelum 31 Januari. Kami tidak ingin punya pemain yang tidak ingin ada di Barca," ucap Alemany lagi.

Demikianlah, perang antara Barcelona dan Ousmane Dembele di level publik telah dimulai.

Selama ini, Barcelona dan pelatih Xavi Hernandez mencoba meredam isu kisruh kontrak Ousmane Dembele di lingkungan internal.

Namun, sepertinya, mereka sudah berada di titik muak. Perpanjangan kontrak baru yang seharusnya mudah malah berubah menjadi persoalan.

Menurut Barcelona, Ousmane Dembele selalu mengatakan di depan publik bahwa dirinya ingin tetap bermain di Barcelona.

Namun, selanjutnya, ketika berada dalam situasi negosiasi, agen Ousmane Dembele yaitu Moussa Sissoko, bersikap keras (tidak mau berkompromi) terkait permintaan mereka.

Karena situasi inilah kemudian Barcelona akhirnya mengambil sikap untuk Ousmane Dembele.

Memisahkan Ousmane Dembele dari Tim

Terkait sikap Barcelona ini, Xavi Hernandez juga telah mengambil arah yang sama atau memberikan dukungan kepada manajemen.

Pertama, dalam konferensi pers, pelatih Barcelona tersebut telah menyatakan bahwa masalah kontrak Ousmane Dembele telah berlarut-larut dan karena itu harus diputuskan.

Xavi Hernandez menekankan bahwa kepentingan tim dan klub adalah hal yang utama. Ini menunjukkan bahwa Xavi akan mengikuti sikap klub ketimbang melindungi sang pemain.

Sikap Xavi Hernandez tersebut kemudian diperkuat dengan keputusannya untuk tidak memasukkan nama Ousmane Dembele dalam tim.

Nama Ousname Dembele tidak ada dalam daftar tim yang akan menghadapi Athletic Bilbao di ajang Copa del Rey, Jumat (21/1/2022) dini hari WIB.

Keputusan Barcelona ini tampaknya juga didasarkan dari karier Ousmane Dembele sejak bergabung dari Borussia Dortmund pada 2017 silam.

" Dembele, mas pena que gloria " atau "Dembele, lebih banyak kesedihan ketimbang kegembiraan", demikian salah satu pers Spanyol, Marca , menjelaskan perjalanan karier Ousmane Dembele di Barcelona.

Tidak diragukan bahwa dengan talenta atau kemampuan yang dimilikinya, Ousmane Dembele adalah bintang masa depan yang bisa membawa Barcelona meraih gelar.

Namun, setelah selama lima musim di Barcelona, pemain yang masih berusia 24 tahun tersebut tidak pernah benar-benar menjadi bintang yang konstan untuk Blaugrana.

Ousmane Dembele tidak mampu memperlihatkan dirinya seperti yang diharapkan fans Barcelona.

Pemain asal Prancis ini hanya memberikan kesan bahwa dia pemain yang bisa menjadi bintang dalam setiap pertandingan apapun.

Ousmane Dembele memang pernah memperlihatkan sejumlah momen terbaik dari performanya. Namun, kenyataannya, dia adalah pemain yang sering absen untuk Blaugrana.

Barcelona total telah memainkan 231 laga kompetitif sejak Ousmane Dembele bergabung pada 2017 dengan nilai transfer 105 juta euro.

Dari laga tersebut, 102 di antaranya tanpa kehadiran Ousmane Dembele karena cedera atau sakit. Dengan demikian, ada sekitar 44,16 persen Barcelona tampil tanpa Ousmane Dembele.

Pada musim pertamanya yaitu 2017-2018, Ousmane Dembele mengalami dua kali cedera. Pertama cedera otot paha kiri yang membuatnya istirahat 106 hari.

Saat itu, Ousmane Dembele absen sejak 17 September 2017 hingga 1 Januari 2018. Dari istirahat 106 hari tersebut, dia telah melewatkan 20 laga.

Lalu, pada musim yang sama pula, Ousmane Dembele kembali mengalami cedera yang sama. Absen mulai 15 Januari 2018 hingga 10 Februari 2018.

Ousmane Dembele istirahat 26 hari dan dia melewatkan 7 pertandingan. Menurut Marca, total ada 14 kasus cedera yang dialami Ousmane Dembele selama di Barcelona.

Dari 14 kasus cedera tersebut, Ousmane Dembele total akumulasi tidak aktif (istirahat) sampai 695 hari dengan melewatkan total 102 laga.

Kini, yang harus segera dilakukan Barcelona adalah mencari klub peminat untuk Ousmane Dembele.

Masih tersisa dua pekan lagi bursa transfer Januari 2022 ini, atau Barcelona akan kehilangan pemain ini dengan status bebas transfer.

Cedera Ousmane Dembele/Musim

2017-2018

1. Otot paha kiri
106 hari istirahat
20 laga absen

2. Otot paha kiri
26 hari istirahat
7 laga absen

2018-2019

3. Angkle kaki kiri
18 hari istirahat
5 laga absen

4. Otot paha kiri
26 hari istirahat
4 laga absen

5. Otot paha kanan
42 hari istirahat
4 Laga absen

2019-2020

6. Otot paha kiri
34 hari istirahat
5 Laga absen

7. Otot paha kanan
3 Hari istirahat
1 Laga absen

8. Otot paha kiri
66 hari istirahat
13 Laga absen

9. Otot paha kanan
191 hari istirahat
19 Laga absen

2020-2021

10. Otot paha kanan
22 hari istirahat
5 Laga absen

11. Cedera tak diketahui
2 Hari istirahat
1 Laga absen

12. Lutut kanan
134 hari istirahat
14 Laga absen

2021-2022

13. Otot paha kiri
18 hari istirahat
2 Laga absen

14. Covid-19
7 hari istirahat
2 Laga absen

Prediksi Athletic Bilbao vs Barcelona: Berebut Perempat Final Copa del Rey

Balik ke Barcelona Tidak Ada Lionel Messi, Dani Alves Merasa Aneh

&
Topik Menarik