Dukungan Amartha Hangtuah Bertambah Jelang IBL 2022

Olahraga | sindonews | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 01:01
Dukungan Amartha Hangtuah Bertambah Jelang IBL 2022

JAKARTA - Kepercayan diri klub basket Amartha Hangtuah untuk bersaing di Indonesia Basketball League (IBL) 2022 semakin besar. Tak hanya menggaet dua pemain asing berpengalaman, mereka juga mendapatkan dukungan baru di musim ini.

Pada IBL 2022 ini, Amartha Hangtuah akan mempercayakan dua pebasket asal Amerika Serikat (AS) Laquavius Cotton dan Anton Waters Sr. Dua pemain ini sebenarnya bukan pendatang baru. Bagi Cotton, ini adalah kali kedua memperkuat Amartha Hangtuah. Sebelumnya, dia juga bergabung dengan tim yang bermarkas di Jakarta Selatan itu pada IBL 2019.

Lihat Foto: Digelar dengan Penonton, IBL 2020 Gelar Simulasi Protokol Kesehatan

Sedangkan kemunculan Waters pertama kali di IBL terjadi pada musim 2017-2018 bersama Pacific Caesar Surabaya. Ketika itu, dia hadir pada seri kelima, sebelum Play-offs sebagai pengganti pemain asing klub tersebut, Center Michael Fey yang dianggap kurang garang di bawah ring. Karena itu, Pacific mendatangkan Waters.

Hadirnya dua pemain itu diharapkan pelatih AF Rinaldo bisa menutupi kelemahan klub khususnya dalam hal defensif rebound. Apalagi, Amartha Hangtuah memiliki misi besar di IBL 2020. Tak hanya menargetkan lolos ke babak playoff, pelatih terbaik IBL 2020 tersebut ingin mempersembahkan trofi juara.

"Bergabungnya Waters dan Cotton bisa menutupi kelemahan yang masih ada, terutama dalam defensif rebound. Waters memiliki tinggi 200 cm dan Cotton 198 cm. Postur tubuh tinggi kedua pemain ini akan saya maksimalkan buat defensif rebound. Itu penting dalam membuat suatu ofensif karena kalau tanpa defensif rebound yang banyak kami tidak bisa fast break. Itu yang saya harapkan dari mereka berdua," kata Rinaldo.

Pelatih yang sebelumnya menangani klub NSH itu menyoroti hadirnya klub-klub baru pada IBL 2022. Menurutnya, peta persaingan juga akan semakin sengit dan sulit diprediksi. "Kebetulan tahun ini juga ada empat tim baru, nah itu buat peta kekuatan jadi terbuka. Dari kami target bisa masuk play off dulu dari situ kita akan lihat step by step, di play off ketemu 1-8. 2-7. 3.6 dan seterusnya," ujar Rinaldo.

Saat ini, Amartha Hangtuah terus mempersiapkan skuad semaksimal mungkin. Total, mereka diperkuat 16 pemain, plus dua pemain asing. Mereka juga telah menjalani beberapa laga pemanasan jelang musim IBL 2022. Selain itu, Amartha Hangtuah juga mendapatkan dukungan baru pada musim ini. Tokocrypto resmi jadi salah satu sponsor untuk tim tersebut.

CEO Tokocrypto Pang Xue Xai menyebut kolaborasi pihaknya dengan Amartha Hangtuah ini merupakan strategi untuk menyasar generasi muda. "Tokocrypto melihat olahraga basket memiliki komunitas cukup besar dan didominasi anak muda. Sejalan dengan tujuan kami, Amartha Hangtuah memiliki banyak atlet muda yang memiliki potensi besar," ucap pria yang biasa disapa Kai itu.

Sedangkan Komisaris Amartha Hangtuah Eddi Danusaputro mengatakan bahwa Amartha Hangtuah melihat tren blockchain dan kripto sebagai kesempatan bagi para atlet dan ofisial untuk terus update dengan perkembangan teknologi yang dapat memberikan manfaat kepada kehidupan mereka, termasuk secara finansial. Hal ini sejalan dengan misi Amartha Hangtuah untuk memajukan atlet dan ofisial.

"Tokocrypto menjadi partner yang strategis bagi Amartha Hangtuah untuk mendorong atlet update dengan pemanfaatan blockchain dan aset kripto karena menawarkan ekosistem lengkap yang kredibel dan telah teregulasi. Program kolaborasi yang akan dijalankan bersama Tokocrypto akan memperkaya pengetahuan dan juga memberikan pendapatan sampingan bagi atlet dan ofisial," ucap Eddi.

IBL 2022 akan mulai dihelat pada 15 Januari 2022. Total, 16 tim dari 11 kota akan berlaga dalam enam seri, plus laga play-off, semifinal, dan final pada Mei 2022.

Artikel Asli