Legenda Prabu Jayabaya, Begini Kisah Gunung Kelud dan Gunung Wilis

Legenda Prabu Jayabaya, Begini Kisah Gunung Kelud dan Gunung Wilis

Nasional | okezone | Senin, 13 Mei 2024 - 13:48
share

JAKARTA - Gunung Wilis berada di Kabupaten Nganjuk, Kediri. Gunung ini ternyata bukan sembarang gunung. Di tempat inilah para dukun atau pelaku supranaturalis memburu ilmu metafisika dan menggembleng mental spiritualnya.

Gunung Wilis seperti "kawah candradimuka" bagi para dukun. Mereka memburu keberuntungan, ilmu, pusaka, bisikan gaib atau apapun yang berkaitan dengan hal-hal gaib.

Bagi orang awam memang nampak aneh, kenapa memburu ilmu metafisika mesti jauh-jauh ke Gunung Wilis? Ternyata ada kepercayaan yang signifikan berkait antara gunung tersebut dengan ilmu metafisika. Demikian dikutip dari buku Sajen dan Ritual Orang Jawa karya Wahyana Giri MC.

Gunung Wilis konon kabarnya sangat erat hubungannya dengan mitos Prabu Jayabaya dari Kediri. Prabu Jayabaya merupakan seorang raja yang sakti mandraguna juga dikenal memiliki kemampuan yang luar biasa dalam dunia ramalan.

Jangka Jayabaya adalah sekumpulan ramalan Prabu Jayabaya yang masih dikenal sampai sekarang. Bahkan ramalan itu sering dikaitkan dengan peristiwa politik di negeri ini.

Jangka Jayabaya memang bukan ramalan untuk kehidupan pada zamannya saja, Jangka Jayabaya dipercaya sebagai ramalan untuk masa depan mengenai kehidupan masyarakat di tanah Jawa. Itulah makanya, Prabu Jayabaya dikenal sangat sakti, bahkan karena kesaktiannya yang luar biasa pada akhir hidupnya Sang Prabu yang memimpin Keraton Kediri itu muksa alias nyawa dan raganya naik ke nirwana tanpa meninggalkan bekas.

Ketika Jayabaya memerintah, jabatan patih di Keraton Kediri dipegang oleh dua kakak beradik yang sangat berbeda perangainya. Yang tua bernama Ki Butaloco, sedang adiknya bernama Ki Tunggulwulung.

Topik Menarik