Makna Mendalam Obor Api Perjuangan dari Mrapen di Lokasi Rakernas PDIP

Makna Mendalam Obor Api Perjuangan dari Mrapen di Lokasi Rakernas PDIP

Nasional | sindonews | Kamis, 23 Mei 2024 - 20:33
share

Obor Api Perjuangan yang bersumber dari Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah telah sampai di Beach City Internasional Stadium Ancol, Jakarta yang merupakan lokasi pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP. Obor itu dibawa pelari lebih dari jarak 500 kilometer.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut api abadi itu bagaikan semangat yang tak pernah padam yang dilakukan PDIP dalam memperjuangkan hak untuk rakyat Indonesia. Sebab, para kader PDIP juga tak pernah mengenal kata lelah dalam memperjuangkan untuk rakyat.

"Sebagaimana disampaikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri bahwa PDI Perjuangan terus menggelorakan api perjuangan, menggelorakan semangat juang, menggelorakan suatu tekad bagi Indonesia Raya kita," ujar Hasto, Kamis (23/5/2024).

Baca juga: Hasto Pimpin Pawai Obor Api Perjuangan ke Rakernas V PDIP

"Kita tidak pernah mengenal kata capek, selama perjuangan itu ditujukan untuk bangsa dan negara Indonesia dan untuk itulah PDI Perjuangan melalui Rakernas kelima ini setelah sebelumnya kita menghadapi kegelapan demokrasi, akibat sisi-sisi gelap kekuasaan," sambungnya.

Hasto menceritakan, ketika dirinya berlari membawa obor perjuangan sejauh 6 kilometer. Di tengah perjalanan ketika menghadapi kesulitan, namun dengan semangat perjuangan hal itu tentu bisa ditaklukkan.

“Untuk itu, api itulah yang harus kita nyalakan, meskipun kita menghadapi tantangan yang tidak mudah. Tetapi kita diajarkan oleh proklamator bapak bangsa kita Bung Karno, bahwa api perjuangan PDI Perjuangan tidak pernah padam ketika rakyat akar rumput bersatu bersama kita saudara-saudara sekalian,” jelas Hasto.

Dia juga menerangkan kalau lari bukan hanya menyehatkan jiwa dan raga semata, tapi dari olahraga tersebut seseorang bisa mengalahkan dirinya sendiri.

“Dengan lari kita bisa belajar, bahwa seorang harus mengalahkan dirinya sendiri mengalahkan terhadap ambisi kekuasaan, mengalahkan terhadap berbagai kegodaan gemerlapnya kekuasaan. Dan berlari ini kita berdikari karena kita tidak mungkin meminjam kaki orang lain, tetapi kita menggunakan kaki kita dengan semangat kita saudara-saudara sekalian,” tutur Hasto.

Sebagai informasi, DPP PDIP akan menggelar Rakernas ke-V Partai yang digelar pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Adapun Rakernas V PDIP ini mengambil tema 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

Topik Menarik