Rakernas PDIP Tentukan Koalisi atau Oposisi Prabowo hingga Pilkada 2024

Rakernas PDIP Tentukan Koalisi atau Oposisi Prabowo hingga Pilkada 2024

Nasional | sindonews | Kamis, 23 Mei 2024 - 21:49
share

Sikap politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi koalisi atau oposisi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ditentukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP. Dalam rakernas itu, PDIP juga akan merumuskan langkah-langkah untuk menghadapi Pilkada Serentak 2024.

"Dilakukan suatu upaya merumuskan langkah-langkah konsolidasi ke depan, persiapan pilkada serentak dan juga sikap politik yang akan disampaikan oleh partai," ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Beach City Internasional Stadium Ancol, Jakarta, Kamis (23/5/2024).

Dia mengaku pihaknya telah mempersiapkan agenda tahunan ini dengan cukup matang. Nantinya juga akan ada pidato politik dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan dilanjutkan pengarahan kepada kader partai berlambang banteng ini oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

"Hari pertama akan disampaikan pidato politik Ibu Ketua Umum yang menjadi suatu arah kebijakan di dalam seluruh materi yang dibahas di dalam rakernas. Kemudian ada pengarahan dari Ketua DPR RI Mbak Puan," katanya.

Sebagai Sekjen, Hasto juga akan menyampaikan laporan terhadap apa yang telah dilakukan oleh partai. Forum Rakernas di hari pertama juga akan mendengarkan pandangan umum dari DPD partai yang telah menyerap aspirasi dari arus bawah, baik di tingkat anak ranting, hingga PAC partai.

Sebagai informasi, DPP PDIP akan menggelar Rakernas ke-V Partai yang digelar pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Adapun Rakernas V PDIP ini mengambil tema 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

Topik Menarik