Waspada Sick Building Syndrome karena Sering di Ruangan AC

Waspada Sick Building Syndrome karena Sering di Ruangan AC

Terkini | okezone | Kamis, 9 Mei 2024 - 12:08
share

PAPARAN cuaca panas yang ekstrem seperti saat ini, sebagian besar orang memilih untuk menghabiskan waktu di dalam ruangan yang menggunakan AC atau pendingin ruangan. Selain bisa lebih fokus dalam beraktivitas seperti bekerja, ruangan dengan AC juga bisa membuat lebih nyaman untuk menghabiskan waktu seharian.

Namun, tahukah Anda ternyata terlalu sering menghabiskan waktu di dalam ruangan AC bisa memicu tubuh mengalami yang dinamakan Sick Building Syndrome.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan Intervensi Jantung, dr. Bobby Arfhan Anwar SpJP(K) menjelaskan bahwa Sick Building Syndrome adalah suatu sindroma yang terjadi pada orang yang sering berada di ruangan dengan AC.

Ini adalah suatu sindroma yang dialami oleh orang-orang rutin berada di dalam ruangan atau pun rumah yang dilengkapi dengan fasilitas AC, kata dr. Bobby dikutip dari unggahan Instagram @dr.bobbyjantung, Kamis (9/5/2025)

Ruangan dengan pendingin AC sebetulnya tidak memiliki ventilasi yang baik untuk udara bersirkulasi. Menurut dr. Bobby, hal ini membuat zat polutan yang ada di dalam ruangan menjadi mengendap.

Topik Menarik