Perjuangan Timnas Indonesia U-23 untuk Raih Tiket Olimpiade Paris 2024 Kerap Diterpa Masalah, Shin Tae-yong: Saya Bukan Tuhan

Perjuangan Timnas Indonesia U-23 untuk Raih Tiket Olimpiade Paris 2024 Kerap Diterpa Masalah, Shin Tae-yong: Saya Bukan Tuhan

Terkini | okezone | Kamis, 9 Mei 2024 - 06:05
share

ALES – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23, Shin Tae-yong tampak pasrah melihat begitu banyak masalah yang dialami timnya demi bisa merebut tiket Olimpiade Paris 2024. Shin Tae-yong pun mengatakan hanya bisa ikhlas dan berusaha sebaik mungkin, sebab ia mengaku bukan Tuhan yang bisa membuat segalanya lebih mudah.

Perkataan Shin Tae-yon itu keluar usai Timnas Indonesia U-23 dipastikan tanpa dua bek andalannya, yakni Justin Hubner dan Elkan Baggott. Hubner dipastikan tak mendapatkan izin dari klubnya, Cerezo Osaka sedangkan Baggott sejatinya masih belum jelas, tap kemungkinan besar absen karena belum mendapatkan respons dari Ipswich Town.

Ditambah lagi STY juga tak bisa memainkan Rizky Ridho yang masih terkena hukuman larangan bermain usai terkena kartu merah di laga semifinal Piala Asia U-23 2024 kontra Uzbekistan U-23. Dengan kondisi itu Timnas Indonesia U-23 pun mengalami permasalahan di lini belakang.

Sebelum-sebelumnya juga masalah kerap menghampiri Timnas Indonesia U-23 selama gelaran Piala Asia U-23 2024 hingga Garuda Muda gagal merebut tiket Olimpiade Paris 2024 lewat jalur turnamen tersebut. Kini, mau tak mau Timnas Indonesia U-23 wajib menang atas wakil Afrika, Guinea U-23 jika ingin tampil di Olimpiade Paris 2024.

Menanggapi banyaknya jalan terjal yang harus dilalui Timnas Indonesia U-23 untuk merebut tiket Olimpiade Paris 2024, Shin Tae-yong mengaku ikhlas dan tak bisa berbuat banyak karena dirinya bukan Tuhan. Ia pun meminta semuanya bersatu demi bisa mengatasi permasalahan itu dan membawa Garuda Muda tampil di turnamen olahraga multievent terbesar di dunia tersebut.

“Situasi seperti sekarang ini tidak dapat diperbaiki, saya bukan Tuhan juga. Jadi, mau tidak mau kami harus menjadi satu untuk melawan semua masalah dengan mental yang kuat,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/5/2024).

Topik Menarik