Benarkah Dilarang Membunuh Hewan saat Istri Hamil?

Benarkah Dilarang Membunuh Hewan saat Istri Hamil?

Terkini | okezone | Rabu, 8 Mei 2024 - 19:08
share

BENARKAH dilarang membunuh hewan saat istri hamil ? Ustadz Ammi Nur Baits ST BA mengungkapkan tidak dijumpai adanya satu pun dalil yang melarang para suami untuk membunuh atau menyembelih hewan saat istrinya hamil. Tidak juga pernah dikaitkan antara tindakan membunuh binatang dengan kehamilan istri.

Padahal sangat diyakini, banyak istri sahabat yang hamil bertepatan dengan Idul Adha. Andaikan menyembelih hewan bisa berpengaruh buruk pada janin, tentu Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam akan mengingatkannya.

"Islam memiliki kaidah, meyakini sesuatu sebagai sebab terhadap sesuatu yang lain, padahal tidak memiliki hubungan sebab akibat, baik secara ilmiah maupun syariah maka termasuk perbuatan syirik kecil," kata Ustadz Ammi Nur Baits, dikutip dari laman Konsultasi Syariah , Rabu (8/5/2024).

Dalam konteks ini, lanjut dia, orang yang berkeyakinan membunuh hewan saat istri hamil bisa menyebabkan janin cacat dihadapkan pada dua tantangan:

Pertama, apakah ini terbukti secara ilmiah? Adakah keterangan ahli genetika atau ilmu terkait lainnya yang secara ilmiah menjelaskan hubungan demikian?

Jika tidak, kita berpindah pada tantangan kedua, adakah dalil yang shahih, baik dari Alquran maupun hadis yang menjelaskan hal tersebut?

Jika kedua tantangan tersebut tidak terpenuhi, berarti mitos itu sama sekali tidak terbukti secara ilmiah, dan meyakininya termasuk syirik kecil.

Perlu diingat baik-baik, meskipun kesalahan ini termasuk syirik kecil, dosanya sangat besar. Karena itu, segera tinggalkan keyakinan tersebut.

Islam Mengajarkan Lemah Lembut kepada Hewan

Ustadz Ammi Nur Baits menerangkan, agama Islam mengajarkan umatnya untuk bersikap lembut dan penuh kasih sayang kepada lingkungan, termasuk hewan atau binatang.

Di antara dalil yang menunjukkan ajaran perilaku terhadap lingkungan hingga binatang adalah hadits dari Syaddad bin Aus radhiallahu 'anhu, Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Susungguhnya Allah mewajibkan untuk berbuat baik kepada segala sesuatu. Apabila kalian membunuh, bunuhlah dengan cara yang baik, apabila kalian menyembelih, sembelihlah dengan cara yang baik. Hendaknya kalian mengasah pisaunya, dan mempercepat kematian sembelihannya." (HR Muslim)

Topik Menarik