Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Uzbekistan Diwarnai Kekecewaan, Wasit Shen Yinhao Jadi Sorotan

Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Uzbekistan Diwarnai Kekecewaan, Wasit Shen Yinhao Jadi Sorotan

Terkini | okezone | Rabu, 1 Mei 2024 - 13:47
share

JAKARTA – Perjuangan Timnas Indonesia U-23 untuk melaju ke babak final Piala Asia U-23 2024 harus terhenti. Laga semifinal yang berlangsung kemarin malam, Senin (29/4/24) lalu memastikan keunggulan Uzbekistan atas Indonesia. Akibatnya, Timnas U-23 harus mengakui keunggulan Uzbekistan dengan skor akhir 0-2.

Di sisi lain, performa wasit Shen Yin Hao dalam pertandingan menuai banyak kritik. Kekalahan tim asuhan pelatih Shin Tae-yong ini dipenuhi tanda tanya besar atas keputusan wasit yang banyak dinilai kurang profesional dan memberatkan posisi Indonesia. Dari dianulirnya gol Indonesia hingga keputusan wasit yang tidak memberikan tendangan pinalti kepada Indonesia setelah salah satu pemain Uzbekistan melakukan pelanggaran berat pada area pinalti.

Pada laga kali ini, wasit Shen Yin Hao dinilai khalayak melakukan setidaknya 3 keputusan wasit yang perlu dipertanyakan, diantaranya yaitu saat menganulir gol Indonesia yang dicetak oleh Muhammad Ferrari, kemudian kartu merah untuk Rizky Ridho dan tendangan bebas Witan yang dianulir.

Ketiga keputusan tersebut penuh kontroversi dan mengakibatkan Indonesia harus menelan kekalahan terhadap Uzbekistan U-23.

Indonesia sendiri masih akan bertanding melawan Irak pada Kamis, 2 Mei 2024 untuk memperebutkan juara 3 Piala Asia U-23 2024. Jika Garuda Muda berhasil merebut posisi ketiga, Timnas dipastikan akan bertanding pada Olimpiade Paris mendatang. Ini akan menjadi sejarah baru untuk Tanah Air.

Saksikan Indonesia vs Irak pada laga perebutan posisi ketiga. Dukung selalu Timnas Indonesia U-23 di link ini. Bagikan pengalaman nonton Anda dengan berikan rating bintang 5 di Playstore atau App Store. Anda bisa mengakses pertandingan Piala Asia U-23 dengan berlangganan Vision+ Premium Sports hanya Rp 40.000,- /30 hari.

Topik Menarik