Wapres Maruf: Penduduk Dunia Mencapai 9 Miliar dalam Dua Dekade Mendatang

Wapres Maruf: Penduduk Dunia Mencapai 9 Miliar dalam Dua Dekade Mendatang

Nasional | okezone | Kamis, 25 April 2024 - 16:08
share

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf mengungkapkan, penduduk dunia diperkirakan akan mencapai 9 miliar dalam dua dekade mendatang. Sehingga, membuat tantangan semakin berat seperti pemanasan global hingga perubahan geopolitik.

“Dalam dua dekade mendatang, penduduk dunia diperkirakan akan mencapai lebih dari 9 miliar jiwa. Kondisi ini tidak hanya dibarengi dengan peningkatan jumlah penduduk usia lanjut, tetapi juga urbanisasi dan arus migrasi,” kata Wapres saat menghadiri Rakernas BKKBN, di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Di sisi lain, kata Wapres, sumber daya alam semakin terbatas, berbanding terbalik dengan kebutuhan penduduk yang semakin meningkat. “Tantangan lainnya mencakup pemanasan global, tren perkembangan teknologi, dan perubahan geopolitik," bebernya.

Pada kesempatan itu, Wapres juga mengingatkan tanggung jawab bersama dalam mengawal kebijakan pembangunan sumber daya manusia Indonesia. Dia mengatakan dengan jumlah penduduk usia produktif diproyeksikan mendekati 70 dari total populasi, maka modal besar menuju Indonesia Emas 2045 sebetulnya sudah dikantongi.

Namun, kata Wapres, pekerjaan rumah selanjutnya adalah bagaimana memastikan potensi bonus demografi ini bisa terkelola dengan baik. “Tentu kita inginkan sumber daya manusia yang ada nantinya betul-betul menjadi aset dan kekuatan bangsa,” tuturnya.

“Apalagi, dihadapkan dengan dinamika dan beragam tantangan dunia yang harus kita antisipasi, strategi dan kebijakan pembangunan manusia yang tepat dan komprehensif menjadi semakin krusial,” katanya.

Topik Menarik