Sosok Mooryati Soedibyo, 'Empu Jamu' yang Tersohor dalam Dunia Kecantikan

Sosok Mooryati Soedibyo, 'Empu Jamu' yang Tersohor dalam Dunia Kecantikan

Nasional | okezone | Rabu, 24 April 2024 - 08:19
share

JAKARTA - Mooryati Soedibyo, Wakil Ketua II Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Periode 2004-2009 sekaligus pendiri Mustika Ratu meninggal dunia pada Rabu (24/4/2024) dini hari. Ia meninggal dunia di usia 96 tahun.

Perempuan kelahiran 5 Januari 1928 itu merupakan perempuan yang tersohor dalam dunia kecantikan. Mooryati Soedibyo adalah salah satu pencetus ide kontes pemilihan Puteri Indonesia yang digelar setiap tahun.

Dihimpun dari berbagai sumber, di antaranya wikipedia, Mooryati Soedibyo pernah tercatat oleh MURI sebagai peraih gelar doktor tertua di Indonesia dan sebagai "Empu Jamu".

Dengan peran dan prestasi yang miliki membuatnya masuk sebagai urutan nomor 7 dalam daftar 99 wanita paling berpengaruh di Indonesia 2007 versi majalah Globe Asia.

Semasa hidupnya, Cucu Sri Susuhunan Pakoe Boewono X Keraton Surakarta ini memang terkenal dengan segala hal yang berkaitan dengan kecantikan, jamu tradisional, dan lingkungan keraton. Tak heran, dirinya sejak usia 3 tahun ia tinggal di Keraton Surakarta yang dikenal sebagai sumber kebudayaan Jawa.

Selama tinggal di keraton, dirinya mendapat pendidikan secara tradisional yang menekankan pada tata krama, seni tari klasik, kerawitan, membatik, ngadi saliro ngadi busono. Kemudian, mengenal tumbuh-tumbuhan berkhasiat, meramu jamu, dan kosmetika tradisional dari bahan alami, bahasa sastra Jawa, tembang dengan langgam mocopat, aksara Jawa Kuno, dan bidang seni lainnya.

Hobinya dalam meminum jamu sejak belia dikembangkan menjadi usaha pada 1973. Ramuan jamu resep Keraton Surakarta yang semula diberikan kepada teman-temannya, akhirnya berubah menjadi bisnis.

Bisnisnya berkembang hingga produknya mulai diekspor ke kurang lebih 20 negara, di antaranya Rusia, Belanda, Jepang, Afrika Selatan, Timur Tengah, Malaysia dan Brunei. Bahkan, menjadi 800 buah produk, mulai dari balita, umum, super, dan premium.

Topik Menarik