Peristiwa 6 Mei, Josef Stalin Jadi PM Rusia Seumur Hidup

Peristiwa 6 Mei, Josef Stalin Jadi PM Rusia Seumur Hidup

Nasional | okezone | Senin, 6 Mei 2024 - 04:02
share

SEJUMLAH peristiwa penting terjadi pada tanggal 6 Mei. Beberapa momen yang terjadi tercatat menjadi sejarah yang mendunia sepanjang perjalanan hidup manusia.

Berikut sejumlah peristiwa yang dirangkum Okezone :

1. ‎Josef Stalin Jadi PM Rusia Seumur Hidup

Tokoh revolusi keturunan Georgia, Josef Stalin menjadi Perdana Menteri seumur hidup di Rusia. Stalin menjadi Kepala Pemerintahan Uni Soviet pada pertengahan era 1920-an sampai akhir hayatnya tahun 1953.

Stalin juga merupakan Sekjen Partai Komunis Uni Soviet. Dia mengawali karir revolusioner dengan bergabung bersama Partai Buruh Demokrat Sosial Rusia yang berpedoman pada Marxisme.

Stalin jugalah salah satu tokoh yang membakukan gagasan-gagasan Karl Marx dan Lenin menjadi paham Marxisme-Leninisme. Stalin sosok kepala pemerintahan yang kebijakannya cukup populer di dunia. Dia pulalah yang mendukung gerakan antifasis di dunia.

2. Pembunuh Trotsky Dibebaskan

Pembunuh tokoh revolusioner Lev Trotsky, Jacques Mornard (Ramon Mercader) dibebaskan di‎ Meksiko pada 6 Mei 1960. Ramon Mercader adalah seorang komunis Spanyol dan agen NKVD yang membunuh Trotsky dengan cara sadis.

Ramon divonis bersalah karena membunuh Trotsky dan mendapatkan hukuman 20 tahun penjara di Meksiko. Mercader membunuh Trotsky dengan memenggal kepalanya menggunakan kapak es. Trotsky meninggal usai dibawa ke rumah sakit karena cedera otak yang parah.

Topik Menarik