Kenapa Air Bisa Muncul dari Dalam Bumi? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

Kenapa Air Bisa Muncul dari Dalam Bumi? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

Terkini | okezone | Selasa, 23 April 2024 - 07:23
share

ALQURAN dan sains membahas lengkap penyebab air bisa muncul dari dalam bumi. Diketahui air sangat penting bagi kehidupan semua makhluk di muka bumi.

Dalam buku "Tafsir Ilmi Air dalam Perspektif Alquran dan Sains" yang disusun Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dijelaskan bahwa air meresap ke dalam bumi melalui hujan.

Sebagian dari air yang meresap ke tanah akan tetap tertahan berada di dalam sebagai kelembapan tanah atau mengalir ke dalam lapisan batuan yang lebih dalam dan tersimpan sebagai air tanah dalam.

Dalam buku tersebut dipaparkan juga di daerah hilir yang lebih rendah, air tanah dalam akan keluar kembali sebagai mata air di hulu-hulu sungai atau pada tebing-tebing yang tertoreh. Apabila air tanah ini mendapat tekanan yang cukup kuat, mata air bahkan dapat menyembur ke atas sebagai mata air artesis.

Hal itu sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam kitab suci Alquran Surat Al Qamar Ayat 12:

وَفَجَّرْنَا الْأَرْضَ عُيُونًا فَالْتَقَى الْمَاءُ عَلَىٰ أَمْرٍ قَدْ قُدِرَ

Artinya: "Dan Kami jadikan Bumi memancarkan mata air-mata air, maka bertemulah air-air itu untuk suatu urusan yang sungguh telah ditetapkan." (QS Al Qamar: 12) 

Topik Menarik