Pelayanan Optimal Petugas Bandara  Soetta Sukseskan Angkutan Lebaran 2024

Pelayanan Optimal Petugas Bandara Soetta Sukseskan Angkutan Lebaran 2024

Terkini | okezone | Jum'at, 19 April 2024 - 09:13
share

JAKARTA - Angkutan Lebaran 2024 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta berjalan dengan lancar. Pencapaian gemilang ini tak terlepas dari peran PT Angkasa Pura II yang mengelola 20 bandara di Indonesia, termasuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dalam meningkatkan kolaborasi dan koordinasi antar stakeholder. Untuk memberikan pelayanan optimal para penumpang angkutan Lebaran 2024.

Untuk diketahui, jumlah pergerakan penumpang pada arus mudik dan arus balik pada tahun ini mengalami peningkatan drastis dibandingkan tahun sebelumnya. Sebagai informasi, PT Angkasa Pura (AP) II mencatat pada puncak arus balik pada 15 April (H+4 Lebaran). Pergerakan penumpang di 20 bandara AP II secara kumulatif tercatat 309.477 orang.

Angka tersebut naik cukup signifikan, yakni sebesar 24 persen bila dibandingkan dengan H+4 tahun lalu yang sebesar 249.090 orang. Data Airport Operation Division PT Angkasa Pura II juga mencatat, pergerakan pesawat mencapai 2.010 penerbangan, naik 11 persen dari sebelumnya sebanyak 1.808 penerbangan.

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang pada puncak arus balik sebanyak 186.774 orang dengan pergerakan pesawat 1.153 penerbangan.

VP of Corporate Communication AP II Cin Asmoro mengatakan, operasional dan pelayanan pada puncak arus balik berjalan lancar. Menurutnya, aspek operasional dan pelayanan dari para petugas dapat terjaga baik, sehingga alur keberangkatan dan kedatangan penumpang pada puncak arus balik berjalan lancar.

Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder atas dukungan dan kolaborasi serta koordinasi yang erat, tuturnya dalam keterangan tertulis, Selasa (16/4/2024).

Caption: Aspek operasional dan pelayanan dari para petugas bandara terjaga dengan baik, sehingga alur keberangkatan dan kedatangan penumpang pada musim angkutan Lebaran berjalan lancar. (Foto.dok iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan)

Saat puncak arus balik, juga dilakukan penambahan personel pelayanan. Maskapai dan ground handling menambah personel untuk pelayanan bagasi yang menjadi titik paling penting pada arus balik.

Sehingga, proses penanganan bagasi disebut mampu berjalan baik dan lancar mulai dari penurunan bagasi dari pesawat, penanganan bagasi di make up area, hingga bagasi siap diambil penumpang di baggage claim area di dalam terminal.

Pelayanan Ramah Kepada Penumpang

PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola 20 bandara utama di Indonesia telah menyiagakan sebanyak 9.416 orang petugas untuk melayani penerbangan selama masa angkutan mudik Lebaran 2024.

Pada angkutan Lebaran 2024, seluruh bandara AP II total menyiagakan 9.416 personel. Kemungkinan personel terbanyak ditempatkan pada Bandara Internasional Soekarno-Hatta, kata Vice President of Corporate Communication AP II, Cin Asmoro di Tangerang, Banten, dalam keterangan resmi.

Adapun dari sebanyak 9.416 personel tersebut terdiri dari personel Airport Rescue and Fire Fighting, Apron Movement Control, Aviation Security (Avsec). Ditambah lagi BKO TNI dan Polri, Facility Care, Customer Service, Digital Service dan lain sebagainya.

Arrafi Gymnastiar (21) Staf Customer Service Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengaku senang bisa melayani penumpang selama angkutan Lebaran 2024. Tugas utamanya, terutama pada saat peak season, seperti memberikan pelayanan informasi kepada penumpang.

Pelayanan informasi yang diberikan Customer Service meliputi informasi penerbangan, fasilitas bandara, pengambilan bagasi, boarding gate, dan lainnya. Selama musim angkutan Lebaran ini memang cukup hectic, namun itu tantangan bagi kami sebagai petugas operasional di bidang transportasi udara, ucapnya saat ditemui di Terminal 2E Bandara Soetta, Rabu (17/4/2024).

Raffi, demikian ia disapa, menceritakan pengalaman saat menghadapi peak season pada 4 dan 5 April 2024 lalu. Menurutnya pada tanggal-tanggal tersebut penumpang domestik di Check-in Counter membludak penuh, hingga antrian penumpang mencapai gate keberangkatan internasional.

Tidak hanya di check-in counter, tapi juga Counter Informasi, karena banyak penumpang yang bertanya mulai dari fasilitas bandara, restoran, boarding pass, Musala, dan lain sebagainya. Kita juga memberikan himbauan kepada penumpang misalkan dua jam sebelum keberangkatan harus ke check-in counter.

Selama bertugas melayani penumpang dari Public Information Desk (PID) yang ada di Terminal D, E, dan F, Raffi juga berkoordinasi dengan unit Terminal Inspection Service (TIS) dan Digital Service Bandara internasional Soekarno-Hatta.

Kami saling berkoordinasi dengan dua unit ini dalam memberikan pelayanan kepada penumpang. Seperti dari unit Digital Service yang memberikan FIDS ( Flight Information Display System ), ujarnya.

Meski melewati momen Lebaran bersama sanak saudara, Raffi mengaku senang karena bisa melayani penumpang angkutan Lebaran 2024 dengan baik. Meski harus bertugas saat momen Lebaran, saya merasa senang. Apalagi ketika penumpang merasa puas dengan informasi yang kami berikan, ucapnya.

Caption: Petugas Avsec melakukan koordinasi dengan unit-unit terkait di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam memberikan pelayanan optimal kepada penumpang. (Foto.dok iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan)

Berikan Rasa Aman untuk Penumpang

Tidak hanya dari aspek layanan informasi, pihak AP II juga memberikan rasa aman kepada penumpang dengan menyiapkan petugas Aviation Security (Avsec). Personil Avsec bertugas menjaga keamanan di lingkungan bandara.

Kemudian memastikan penumpang tidak membawa barang atau alat yang dilarang dalam ketentuan penerbangan, hingga melakukan pengawasan dan memastikan fasilitas yang ada bandara berfungsi dengan baik.

Syulkifli (33) petugas Avsec Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengatakan, selama angkutan Lebaran 2024 pihaknya melakukan koordinasi dengan unit-unit terkait di Bandara Soekarno-Hatta dalam memberikan pelayanan optimal kepada penumpang.

Seperti troli untuk mengangkut barang bawaan, mengantisipasi antrean penumpang di area keberangkatan, hingga memaksimalkan Security Check Point (SCP) dengan membuka seluruh line X-ray untuk mengurangi dampak antrean penumpang selama musim angkutan Lebaran, ujarnya.

Petugas Avsec memiliki tanggung jawab berat. Tidak hanya memberi pelayanan prima, menjamin keselamatan, keamanan, kenyamanan pengguna jasa penerbangan, tapi juga harus bersikap ramah dan sopan kepada penumpang.

Menghadapi lonjakan penumpang jelang Lebaran, kami juga berkoordinasi dengan pihak maskapai untuk memaksimalkan check-in counter agar tidak terjadi antrean panjang, ujar pria yang sudah bertugas sebagai petugas Avsec selama 9 tahun.

Kesuksesan PT Angkasa Pura dalam memberikan layanan optimal selama angkutan Lebaran 2024, tidak terlepas dari peran serta para personel yang bertugas. Bahkan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta dinilai sebagai salah satu bandara dengan staf terbaik di dunia dan berhasil meraih Skytrax World Airport Awards 2021 peringkat 10 untuk kategori Worlds Best Staff Airport 2021.

Penghargaan tersebut diberikan sejalan dengan kualitas staf frontliner di Bandara Soetta yang mencakup perilaku, keramahan, dan efisiensi dalam melayani pelanggan. Hal ini sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki orang-orang terbaik dalam bidang airport hospitality experience.

Topik Menarik