Kini Bayar Pajak Kendaraan Bisa lewat Tokopedia, Intip Caranya!

Kini Bayar Pajak Kendaraan Bisa lewat Tokopedia, Intip Caranya!

Gaya Hidup | okezone | Rabu, 17 April 2024 - 13:07
share

JAKARTA-Kamu punya kendaraan bermotor? Eits, jangan lupa bayar pajaknya ya. Kini bayar pajak kendaraan bermotor atau PKB tak perlu repot dan sangat praktis. Jika lupa bayar PKB, kamu tak perlu lagi khawatir, karena kamu bisa membayarnya segera di aplikasi Tokopedia.

Kamu bisa menemukan fitur Samsat Online di Tokopedia untuk memeriksa dan membayar PKB dengan sangat mudah. Tokopedia berkolaborasi dengan layanan perpajakan Indonesia yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran PKB.

Pastinya dengan Samsat Online di Tokopedia, kamu tak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam untuk antre di kantor Samsat. Sekarang, kamu bisa membayar PKB dengan ponsel dan hanya menggunakan sentuhan jari saja. Praktis banget kan?

Di samping itu, dengan bayar PKB lewat Tokopedia kamu juga bisa menggunakan beragam pilihan metode pembayaran, di antaranya kartu kredit, debit ATM/Bank, Internet Banking, pembayaran instan, Virtual Account, OVO, atau bahkan di gerai minimarket langganan seperti Indomaret atau Alfamart terdekat.

Selain kemudahan pembayaran, dengan layanan Samsat Online di Tokopedia, kamu juga berpeluang mendapatkan promo dan cashback yang tersedia pada waktu-waktu tertentu lho.

Cara Bayar Samsat Depok di Tokopedia

Nah, buat kamu yang berdomisili di Depok, tenang, kamu tak perlu khawatir telat bayar PKB, karena kini bisa bayar dari mana saja jika tak sempat datang ke kantor Samsat. Mudah saja, kamu cuma perlu buka aplikasi Tokopedia dengan ponsel atau komputer yang terhubung ke internet.

Sebelum melakukan pembayaran, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Sambara untuk mendapatkan kode bayar. Setelah bertransaksi buka kembali aplikasi Sambara, lalu klik ikon Bukti Bayar untuk mengunduh e-SKKP.

Simak yuk langkah-langkah bayar Samsat Depok di Tokopedia:

1.Buka aplikasi Tokopedia, masuk ke menu Top-up & Tagihan

2.Pilih E-samsat

3.Pilih Wilayah yang sesuai dan masukkan kode bayar yang sudah kamu dapatkan dari aplikasi Sambara, klik Bayar

4.Jika detail transaksi sudah sesuai, klik Lanjut

5.Kamu akan mendapatkan email konfirmasi saat transaksi berhasil

6.Tukarkan struk yang tertera di email untuk mendapatkan SKPD di layanan Samsat Daerah Jabar, Polsek Wilayah Jabar, dan semua cabang Bank BJB.

7.Maksimal 30 hari untuk tukarkan struk dengan SKPD/SKKP dan Pengesahan STNK.

Cara Bayar Samsat Jawa Tengah di Tokopedia

Untuk kamu yang memiliki kendaraan bernomor plat area Jawa Tengah, kini pun bisa dengan gampang membayar pajaknya di Tokopedia. Dijamin kamu tak akan telat membayar, karena bisa membayarnya dari mana saja dengan hanya sentuhan jari.

Pastikan kamu memiliki aplikasi New Sakpole untuk mendapatkan kode bayar ya. Lalu, masukkan Data Kepemilikan dan Kendaraan Bermotor (KBM), seperti Nomor Polisi, NIK, dan Nomor Rangka (5 digit terakhir). Setelah melakukan pembayaran, kembali lagi ke akun New Sakpole untuk mendapatkan E-TBPKP dan E-Pengesahan.

Nah, berikut cara melakukan pembayaran e-Samsat Jateng di Tokopedia:

1.Buka aplikasi Tokopedia, masuk ke menu Top-up & Tagihan

2.Pilih E-samsat

3.Pilih wilayah yang sesuai dan masukkan kode bayar yang sudah kamu dapatkan dari aplikasi New Sakpole, klik Bayar

4.Jika detail transaksi sudah sesuai, klik Lanjut

5.Kamu akan mendapatkan email konfirmasi saat transaksi berhasil

6.Kembali ke aplikasi New Sakpole dan unduh QR Code untuk mendapatkan SKPD

7.Selanjutnya, cetak SKPD bisa kamu lakukan di Samsat terdekat dan gunakan mesin cetak SKPD mandiri Sakpole, lalu scan QR Code. Kamu bisa langsung mencetaknya, jika data yang ditampilkan sudah sesuai.

Gampang dan praktis banget kan proses bayar pajak kendaraan di Tokopedia. Tak hanya itu, beragam promo dan cashback pun siap digunakan untuk pembayaranmu. Belanja dan bayar apa pun jadi lebih gampang dan banyak untungnya!

Tunggu apa lagi, mulai sekarang, bayar pajak kendaraanmu dan tagihan lainnya di Tokopedia saja. Buruan unduh Tokopedia sekarang juga dan nikmati beragam promo menariknya!

Topik Menarik