Dokter Penyakit Dalam Imbau Masyarakat Lakukan Vaksinasi Dewasa, Apa Itu?

Dokter Penyakit Dalam Imbau Masyarakat Lakukan Vaksinasi Dewasa, Apa Itu?

Gaya Hidup | inews | Selasa, 30 April 2024 - 06:22
share

JAKARTA, iNews.id - Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Papdi) mengimbau masyarakat vaksinasi dewasa secara bertahap guna mencegah berbagai macam penyakit. Anjuran ini diiringi dengan penambahan vaksin Pneumokokal Konjugat 15-valent (PCV15).

Ketua Umum Pengurus Besar Papdi Dr dr Sally Aman Nasution menjelaskan vaksinasi tersebut diberikan untuk mencegah terjadinya paparan berbagai penyakit menular dan mencegah gejalanya semakin berat.

“Bila kita bicara tentang vaksinasi, ini pencegahan sebetulnya. Biarpun kalau terkena (virus) tidak terlalu berat (gejalanya),” ujar Sally saat ditemui di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2024).

Vaksin PCV 15 ditambahkan guna mencegah penyakit pneumokokus yang disebabkan S pneumoniae pada anak berusia 6 minggu ke atas dan dewasa 18 tahun ke atas. Vaksin PCV 15 ini dapat memberikan perlundungan terhadap 15 serotipe bakteri pneumokokus.

Tambahan serotipe 22F dan 33F pada PCV15 memberikan perlindungan tambahan dari PCV13 yang tidak dikandung sebelumnya. PCV15 dapat meningkatkan perlindungan terhadap serotipe 3 yang berhubungan dengan keparahan penyakit.

Sedikitnya ada 22 vaksinasi lainnya yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Ketua Satgas Vaksin Dewasa Papdi Sukamto Koesnoe mengungkapkan, beberapa rekomendasi vaksinasi yang perlu didapatkan orang dewasa.

Vaksinasi tersebut juga diberikan sesuai kebutuhan dan tingginya risiko mereka terhadap penyakit tertentu. Beberapa di antaranya ada vaksin Influenza, Tetanus difteri hingga Hepatitis A.

“Vaksinasi ini bisa memberikan perlindungan lebih luas dan efektif terhadap pontensi penyebab penyakit pada orang dewasa dan lansia,” kata Sukamto

Adanya penambahan vaksinasi PCV 15 ini, Sukamto berharap masyarakat khususnya orang dewasa bisa lebih sadar akan pentingnya mendaptkan vaksinasi untuk pencegan penyakit. Terlebih antibodi pada tubuh akan terbentuk bila dosis vaksin didapatkan dengan optimal.

“Kalau dia sudah punya antibodi, dia sudah menabung kekebalan tubuhnya. Dan itu bersifat seumur hidup,” ujar Sukamto.

Berikut jadwal vaksin PCV15 dewasa/lansia:

• Diberikan cukup 1 dosis untuk seumur hidup.

• Bila sudah vaksinasi PCV15 dapat diberikan interval 8 minggu untuk vaksinasi PPSV23.

• Bila sudah vaksinasi PPSV23 dapat diberikan interval 1 tahun untuk vaksinasi PCV15.

Topik Menarik