Gempa Guncang Alor NTT, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Guncang Alor NTT, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Nasional | okezone | Selasa, 16 April 2024 - 11:10
share

JAKARTA - Gempa dengan kekuatan M5,0 mengguncang wilayah Laut Banda, Alor, Nusa Tenggara Timur, Selasa 16 April 2024 pukul 10.07.15 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,27 LS ; 124,98 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 123 Km Timur Laut Alor, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 503 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dalam akibat adanya aktivitas deformasi slab Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah NTT. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser turun (oblique normal), ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resminya.

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Alor Timur, Alor Timur Laut dan Lembur dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hingga pukul 10.22 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock), kata Daryono.

Topik Menarik