Cegah Meledaknya Gudang Peluru, Panglima TNI Akan Percepat Proses Disposal Amunisi Kadaluarsa

Cegah Meledaknya Gudang Peluru, Panglima TNI Akan Percepat Proses Disposal Amunisi Kadaluarsa

Nasional | okezone | Senin, 1 April 2024 - 05:35
share

BOGOR - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan akan mempercepat proses disposal atau pembungan amunisi kadaluarsa untuk mencegah terjadinya kebakaran atau ledakan seperti di Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Ciangsana, Kabupaten Bogor, Sabtu 30 Maret 2024 malam.

"Ya kita akan secepatnya apabila itu sudah terkumpul akan secepatnya diperiksa dan didisposal," kata Agus kepada wartawan, Minggu (31/3/2024).

Gudmurah Kodam Jaya yang terbakar di Ciangsana memang menyimpan amunisi yang kadaluarsa dan rencananya akan didisposal. Tapi, untuk disposal amunisi selama ini memang prosesnya agak panjang sehingga butuh waktu.

Agus menjelaskan amunisi kadaluarsa di Gudmurah Kodam Jaya yang terbakar memang hendak didisposal, tapi sayangnya sudah lebih dulu meledak.

"Ya memang kalau sudah expired itu relatif sensitif dia (amunisi) labil. Dia kena gesekan, gerakan, kena panas dia akan mudah, mudah meledak," tuturnya.

Untuk mengusut kejadian ini, Panglima TNI juga membentuk satuan investigasi. Selain tim tim penjinak bahan peledak juga dikerahkan untuk menyisir sejumlah material yang diduga terhempas akibat ledakan.

"Secepatnya, kita sudah ada satuan yang melaksanakan investigasi di TKP," tutupnya.

Topik Menarik